Find Us On Social Media :

8 Quotes Islami tentang Kematian untuk Pengingat Kita Semua, 'Kematian akan Datang Kepada Setiap Orang....'

By Helna Estalansa, Kamis, 7 Maret 2024 | 21:15 WIB

Ilustrasi kematian

GridPop.ID - Kematian adalah bagian tak terelakkan dari kehidupan manusia.

Dalam Islam, pandangan terhadap kematian tidaklah sekadar sebagai akhir dari kehidupan, tetapi juga sebagai awal dari kehidupan abadi di akhirat.

Berikut adalah beberapa quotes islami yang menggambarkan pemahaman dan sikap muslim terhadap kematian:

1. "Setiap jiwa akan merasakan mati, dan kamu akan mendapat pahalamu pada hari kiamat. Barangsiapa terhindar dari api neraka dan dimasukkan ke dalam surga, maka sungguh ia telah beruntung. Kehidupan dunia ini hanyalah kesenangan yang memperdayakan." (Surah Ali 'Imran, 3:185)

Quotes ini mengingatkan kita bahwa setiap orang akan mengalami kematian, dan penting untuk mempersiapkan diri untuk kehidupan abadi di akhirat.

2. "Setiap yang bernyawa akan merasakan mati, dan sesungguhnya pada hari kiamat kamu akan diberikan balasan yang sempurna. Barangsiapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga, maka sungguh ia telah beruntung. Kehidupan dunia ini tidak lain hanyalah kesenangan yang memperdayakan." (Surah Al-Jumu'ah, 62:8-9)

Quotes ini menegaskan bahwa kematian adalah suatu kepastian bagi setiap makhluk hidup, dan kehidupan dunia hanya sementara.

Balasan yang abadi menanti di akhirat bagi mereka yang beriman dan beramal shaleh.

3. "Kematian adalah pelita bagi orang beriman, ketenangan bagi para ahli ibadah, dan kehancuran bagi orang-orang musyrik." (Umar bin Khattab)

Quotes ini menggambarkan bahwa bagi orang beriman, kematian adalah jalan menuju kehidupan yang lebih baik di sisi Allah, sementara bagi orang-orang musyrik yang tidak beriman, kematian adalah kehancuran.

4. "Kematian akan datang kepada setiap orang, bahkan kepadaku dan kepadamu. Oleh karena itu, berusahalah untuk selalu siap menghadapinya." (Ali bin Abi Thalib)

Baca Juga: Happy International Women's Day! Inilah Quotes Bijak yang Cocok untuk Para Wanita Hebat di Seluruh Dunia