Find Us On Social Media :

Istilah Muscle Memory Viral di TikTok, Seliweran FYP Jadi Bahasa Gaul Gen Z, Ini Artinya

By Luvy Octaviani, Jumat, 29 Maret 2024 | 09:44 WIB

arti muscle memory

GridPop.ID - TikTok menjadi salah satu media sosial yang banyak digunakan.

Tak heran jika banyak istilah-istilah yang kemudian menjadi viral di TikTok.

Baru-baru ini, istilah Muscle Memory Viral di TikTok.

Lalu apa artinya?

Muscle memory dalam bahasa Indonesia merujuk pada "memori otot".

Ini adalah proses di mana otak dan sistem saraf menyimpan ingatan terhadap gerakan atau aktivitas fisik yang telah dilakukan secara berulang-ulang.

Ketika seseorang berlatih suatu gerakan atau aktivitas secara terus-menerus, otak membentuk jalur saraf yang lebih efisien untuk mengeksekusi tugas tersebut.

Jalur-jalur saraf ini menjadi lebih kuat dan terpatri dengan latihan, sehingga gerakan tersebut terasa lebih otomatis seiring waktu.

Contohnya, ketika seseorang belajar mengendarai sepeda atau memainkan alat musik, gerakan tersebut mungkin terasa canggung dan memerlukan banyak usaha sadar pada awalnya.

Baca Juga: Mulai Dipakai Sejak Era 90an, Ini Arti Kata Ajojing yang Viral di Tikok, Istilah Populer Kalangan Generasi Muda

Namun, dengan latihan, gerakan-gerakan itu menjadi lebih lancar dan alami karena otak telah mengoptimalkan hubungan saraf yang terlibat.

Memori otot sering kali terkait dengan aktivitas yang membutuhkan keterampilan motorik halus atau koordinasi yang tepat, seperti bermain olahraga, mengetik, atau menari.