Find Us On Social Media :

Kumpulan Quotes Islami tentang Malam Lailatul Qadar, Jangan Sia-siakan Malam Lailatul Qadar dengan Tidur

By Andriana Oky, Selasa, 2 April 2024 | 17:14 WIB

Ilustrasi: Quotes islami tentang malam Lailatul Qadar

GridPop.ID - Kumpulan quotes inspiratif tentang malam Lailatul Qadar.

Malam Lailatul Qadar adalah salah satu malam yang sangat istimewa dalam agama Islam.

Dalam bahasa Arab, Lailatul Qadar berarti "Malam Kedudukan". Malam ini diyakini jatuh di bulan Ramadan, meskipun tanggal pastinya tidak diketahui secara pasti.

Malam Lailatul Qadar terjadi pada salah satu malam ganjil dalam 10 hari terakhir Ramadan, khususnya pada malam ke-21, ke-23, ke-25, ke-27, atau ke-29. Namun, yang paling kuat diyakini adalah pada malam ke-27.

Malam Lailatul Qadar memiliki keistimewaan yang sangat besar dalam Islam.

Dalam Al-Quran, Allah SWT menyebutkan dalam Surah Al-Qadr (97:1-5):

"Innal-anzalnaahu fi lailatil-qadr. Wa maa adraaka maa lailatul-qadr. Lailatul-qadri khairun min 'alfi shahr. Tanazzalu-l-malaa-ikatu wa-ruuhu fiihaa bi-idhni-rabbihim min kulli amr. Salaamun hiya hattaa matla-'i-l-fajr."

Artinya:

"Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Quran) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan Ruh (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan hingga terbit fajar."

Baca Juga: 20 Quotes tentang Peluk, Cocok Digunakan untuk Update Medsos di Hari Peluk Nasional

Dari ayat ini, jelas bahwa malam Lailatul Qadar memiliki keutamaan yang sangat besar. Menurut hadis-hadis Rasulullah SAW, amalan yang dilakukan pada malam tersebut bernilai lebih besar dari amalan yang dilakukan selama seribu bulan.

Oleh karena itu, umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak ibadah, doa, dzikir, dan bacaan Al-Quran di malam Lailatul Qadar. Malam ini merupakan kesempatan emas untuk memohon ampunan, memperbaiki diri, dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Berikut adalah beberapa kutipan Islam yang menyambut malam Lailatul Qadar: