Find Us On Social Media :

Istilah yang Sering Muncul dalam Fotografi, Apa Arti Golden Hour yang Lagi Viral di TikTok Ini?

By Helna Estalansa, Rabu, 24 April 2024 | 19:15 WIB

Ilustrasi golden hour

GridPop.ID - Golden hour menjadi salah satu istilah yang baru-baru ini menjadi viral di TikTok.

Istilah viral ini rupanya ada kaitannya dengan fotografi.

Seperti diketahui, tren ini banyak dibicarakan dan dibagikan di berbagai platform media sosial seperti Twitter X, TikTok, Instagram, dan YouTube.

Twitter X dan TikTok khususnya menjadi tempat yang sering digunakan untuk berbagi informasi dan cerita pribadi, termasuk tentang tren gaya hidup dan ulasan terkait fotografi.

Istilah "golden hour" mungkin dikenal oleh sebagian orang melalui judul lagu dari JVKE yang sempat menjadi viral di TikTok beberapa waktu lalu.

Apa sebenarnya arti kata golden hour?

Melansir dari Cambridge Dictionary yang dikutip dari TribunSorong.com, golden hour adalah kondisi pencahayaan alami pada waktu-waktu sebelum matahari terbenam atau setelah matahari terbit.

Pada saat ini, cahaya matahari memiliki kualitas yang lembut dan merah, menciptakan kondisi pencahayaan yang sangat diinginkan bagi para fotografer karena menghasilkan foto dengan kualitas yang bagus.

Dalam dunia fotografi dan pembuatan film, istilah golden hour juga dikenal sebagai magical hour.

Menurut laman Time and Date, hangatnya sinar matahari yang menjadi ciri khas dari golden hour biasanya terjadi ketika Matahari berada dalam rentang sekitar 6 derajat di bawah hingga 6 derajat di atas cakrawala.

Mengapa Golden Hour Bisa Terjadi?

Baca Juga: Viral di TikTok, Inilah Arti dan Lirik Lagu Never Be the Same - Camila Cabello: I Knew I'll Never Be The Same