Find Us On Social Media :

Provokasi Indonesia dan Tabrak Kapal Ikannya Sendiri Hingga Tenggelam, TNI AL Curigai Perilaku Aneh Kapal Pengawas Perikanan Vietnam

By None, Selasa, 30 April 2019 | 14:14 WIB

Detik-detik Kapal Pengawas Perairan Vietnam menabrak KRI Tjiptadi 381 milik Indonesia (Foto: TNI AL)

GridPop.id - Kasus kapal Vietnam yang nekat menabrak kapal perang Indonesia masih terus bergulir.

Menteri luar negeri Indonesia, Retno Marsudi, sampai harus memanggil duta besar Vietnam untuk Indonesia.

Sedangkan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti bersumpah akan menenggelamkan lebih banyak kapal ikan Vietnam yang melanggar aturan.

Cuplikan video adegan insiden antara kapal sipil Vietnam dengan KRI Tjiptadi-381, kapal perang korvet TNI AL dari kelas Parchim kini beredar luas.

Dikutip dari Antara, Markas Besar Komando Armada I TNI AL memberi pernyataan resmi bahwa peristiwa itu benar terjadi di ZEE Indonesia dan ada aksi provokasi dari kapal berbendera Vietnam itu.

Baca Juga : Bak Keajaiban, Wanita Ini Sadar Kembali dalam Keadaan Sehat Setelah Koma Selama 27 Tahun Akibat Alami Kecelakaan Hebat!

Panglima Komando Armada I TNI AL Laksamana Muda TNI Yudo Margono, Minggu (28/4/2019), menyatakan, kejadian atau insiden itu terjadi pada pukul 14.45 WIB Sabtu (27/4), dan lokasi kejadian di Laut Natuna Utara, di dalam wilayah ZEE Indonesia.

Ia mengurai kronologi singkat kejadian itu, yaitu bermula saat KRI Tjiptadi-381 melaksanakan operasi penegakan hukum di ZEE Indonesia.

Tepatnya di Laut Natuna Utara terhadap kapal ikan asing berbendera Vietnam bernomor lambung BD 979.