Find Us On Social Media :

Tak Diperlakukan Layaknya Manusia, Video Jenazah ABK Asal Indonesia di Kapal China Dilempar ke Laut Lepas Viral, Media Korea Curigai Adanya Pelanggaran HAM Berupa Kerja Paksa hingga Eksploitasi

By Septiana Risti Hapsari, Kamis, 7 Mei 2020 | 11:45 WIB

Sebuah tangkapan layar dari video yang dipublikasikan media Korea Selatan MBC memperlihatkan, eorang awak kapal tengah menggoyang sesuatu seperti dupa di depan kotak yang sudah dibungkus kain berwarna oranye. Disebutkan bahwa kotak tersebut merupakan jenazah ABK asal Indonesia yang dibuang ke tengah laut oleh kapal asal China.

GridPop.ID - Baru-baru ini beredar video viral yang dipublikasikan media Kora Selatan.

Hal ini berkaitan tentang bagaimana jenazah Anak Buah Kapal (ABK) asal Indonesia yang bekerja di kapal China dilempar ke tengah laut.

Video yang dirilis oleh stasiun MBC itu diulas oleh YouTuber Jang Hansol di kanalnya, Korea Reomit, pada Rabu waktu setempat (6/5/2020).

Dalam video itu, kanal MBC memberikan tajuk "Eksklusif, 18 jam sehari kerja. Jika jatuh sakit dan meninggal, lempar ke laut".

"Video yang akan kita lihat habis ini adalah kenyataan pelanggaran HAM orang Indonesia yang bekerja di kapal China," ujar Hansol menirukan penyiar tersebut.

Baca Juga: Memilukan, Terkena PHK Dampak Corona, Satu Keluarga Ini Hidup Menggelandang Selama Sebulan hingga Tidur di Becak Andalkan Bantuan Para Dermawan

Dalam video itu, disebutkan MBC mendapatkan rekaman itu setelah kapal tersebut kebetulan tengah bersandar di Pelabuhan Busan.

Berdasarkan terjemahan yang disampaikan oleh Hansol, orang-orang Indonesia itu meminta bantuan kepada pemerintah Korea Selatan dan media setempat.

Pada awalnya, pihak televisi tidak bisa memercayai rekaman tersebut. Apalagi ketika hendak dilakukan pemeriksaan, kapal itu disebutkan sudah kembali berlayar.

Dalam terjemahan yang dipaparkan Hansol, pihak televisi menyatakan dibutuhkan adanya penyelidikan internasional untuk memastikan kabar itu.

Dalam berita, video itu disebutkan bertanggal 30 Maret di Samudera Pasifik bagian barat, di mana terdapat sebuah kotak dibungkus kain merah.

Baca Juga: Jatuh Cinta dengan Makhluk Halus, Ibu 5 Anak Ini Ngotot Nikahi Hantu Bajak Laut Haiti Berusia 300 Tahun Lebih di Atas Kapal Hingga Bongkar Urusan Ranjangnya: Kami Jadi Sangat Dekat