Find Us On Social Media :

Pandemi Virus Corona Belum Usai, Ilmuwan Sudah Waniti-wanti Fenomena Alam 'Lockdown' Matahari yang Disebut Bisa Berpotensi Menimbulkan Berbagai Bencana Alam di Bumi

By None, Selasa, 19 Mei 2020 | 13:40 WIB

Pandemi Virus Corona Belum Berakhir, Ilmuwan Sudah Waniti-wanti Fenomena Alam 'Lockdown' Matahari yang Disebut Bisa Menimbulkan Berbagai Bencana Alam

GridPop.ID - Indonesia dan berbagai belahan dunia kini masih berjuang menghadapi virus corona.

Namun, belum jelas akhir dari pandemi virus corona, ilmuwan kembali menemukan fenomena alam baru yang disebut bisa mendatangkan bencana.

Para ilmuwan tengah meneliti fenomena 'lockdown' matahari di tengan pandemi corona yang ternyata berpotensi ciptakan bencana di bumi.

Baca Juga: Bak Senjata Makan Tuan, Gegara Istri Nyinyiri Pemerintahan Jokowi di Media Sosial, Prajurit TNI AD Ini Harus Terima Hukuman Militer dan Ditahan Selama 14 Hari

Mengutip dari Kompas.com, para ilmuwan mengatakan, matahari saat ini tengah memasuki periode ‘lockdown’ yang berpotensi menimbulkan berbagai bencana seperti gempa bumi, cuaca beku, dan kelaparan.

Rupanya, lockdown yang dimaksud adalah aktifitas permukaan matahari yang sedang turun drastis, karena berada dalam periode solar minimum (minimum matahari).

Akibat hal tersebut, sinar matahari pun mengalami penurunan drastis yang ditandai dengan bintik matahari yang menghilang.

Baca Juga: Sepak Terjang Pria Kalimantan sebagai Seorang Dewa Judi ini Ditakuti Amerika sampai Diburu FBI, Dulunya Ternyata Hanya Tukang Bangunan!

“Solar minimum sedang berlangsung, dan ini parah,” ujar Astronom Dr Tony Phillips dikutip dari The Sun via Kompas.com, Minggu (17/5/2020).

Menurut Philips dari jumlah bintik matahari yang ada, kondisi saat ini termasuk yang terparah dalam satu abad terakhir.

Karena hal tersebut, medan magnet matahari sontak menjadi lemah, memungkinkan sinar kosmik ekstra ke tata surya.

Baca Juga: Menolak Tua, Di Usia 70 Tahun Vera Wang Tampil Awet Muda dengan Wajah Flawless Bebas Kerutan, Potret Sang Desainer Sukses Gegerkan Netizen