Find Us On Social Media :

Bukannya Makin Mulus dan Glowing, Kenapa Wajah Malah Berjerawat dan Kusam Saat di Rumah Aja? Ternyata Begini Alasannya!

By Septiana Risti Hapsari, Jumat, 22 Mei 2020 | 12:20 WIB

Ilustrasi wajah berjerawat

GridPop.ID - Banyak sekali keluhan yang muncul tentang masalah kulit ketika di rumah aja selama pandemi corona ini berlangsung.

Kita pun berpikir, wajah dalam kondisi bersih, karena bebas make-up dan debu. Tapi, bukannya mulus bersih, kulit wajah justru berjerawat.

Apa sebabnya?

Lima alasan berikut bisa jadi adalah jawabannya.

Baca Juga: Rahasia Tampil Glowing Tanpa Mengandalkan Skincare dan Makeup, Cukup Hindari Mengonsumsi 5 Makanan ini agar Wajah Tampak Flawless Alami!

1. Tidak membersihkan wajah secara teratur

Sangat mudah untuk melupakan rutinitas membersihkan wajah saat berada di rumah. Apalagi, kamu tidak memakai make-up dan belum meninggalkan rumah sama sekali.

Tetapi Dr Michelle Wong, Dokter di IDS Clinic, mengatakan, tidak ada alasan untuk malas dalam hal pembersihan.

Baca Juga: 5 Bahan Dapur Dipercaya Berkhasiat Sembuhkan Jerawat Meradang, Buktikan Yuk!

"Malas membersihkan wajah, akan mengarah pada penumpukan sebum dan sel-sel kulit mati di folikel kulit kita dan mendorong pertumbuhan propionibacterium acnes. Ini menyebabkan peradangan pada kelenjar sebaceous dan jerawat kita,” kata Wong.

Dr Karen Soh, Direktur Medis Prive Clinic, setuju dengan pernyataan itu, ia menambahkan bahwa penting untuk diingat bahwa jerawat tidak disebabkan oleh wajah yang kotor.

Dan jika kamu cenderung berjerawat, itu tidak berarti kamu tidak merawat kulit dengan baik.

Dia juga memperingatkan, bahwa mencuci wajah beberapa kali sehari dapat mengiritasi kulit, yang justru bisa menyebabkan lebih banyak jerawat akan tumbuh.

"Saya sarankan mencuci muka setidaknya sekali sehari dengan pembersih yang lembut, lebih baik di malam hari (ketika wajah dilapisi dengan kotoran selama satu hari),” kata Soh.

Baca Juga: Angin Puting Tumbangkan Pohon Jengkol di Lampung hingga Satu Orang Tewas,Sempat Muncul Fenomena Awan Pekat Berbentuk Ombak