Find Us On Social Media :

Presiden Jokowi Lempar Spekulasi Reshuffle Saat Rapat Kabinet, Pengamat Politik Singgung Soal Kegaduhan Politik!

By None, Senin, 29 Juni 2020 | 17:00 WIB

Presiden Jokowi

 

GridPop.ID - Pandemi corona yang kian meluas di Tanah Air ini kian membuat pemerintah semakin tertekan.

Angka jumlah pasien positif Covid-19 kian meningkat tiap harinya.

Kondisi ini membuat Presiden Jokowi mulai 'bertindak tegas' pada anggota pemerintah yang dipimpinnya.

Peneliti Centre for Strategic and International Studies (CSIS) Arya Fernandes menilai, Presiden Joko Widodo sengaja melempar spekulasi perombakan atau reshuffle kabinet dalam Sidang Kabinet Paripurna 18 Juni lalu.

Baca Juga: Nyaris Menjemput Ajal, 10 Foto Mengerikan ini Menunjukkan Keberuntungan Orang-orang yang Berhasil Lolos dari Maut!

Menurut Arya, melempar spekulasi reshuffle tidak elok dilakukan, apalagi dalam situasi pandemi Covid-19 seperti sekarang ini.

"Pemerintah atau Istana seperti ingin membuat spekulasi tentang reshuffle, dan ini menurut saya tentu kurang elok," kata Arya kepada Kompas.com, Senin (29/6/2020).

Sebab, dengan adanya spekulasi tersebut, perhatian para menteri justru tertuju pada upaya mengamankan posisinya masing-masing.

Para menteri kemungkinan mencari posisi aman melalui partai.

Dengan begitu, partai akan melakukan berbagai manuver untuk mencegah kadernya terkena reshuffle.

Baca Juga: Betrand Peto Kerap Gelendotan dengan Sarwendah, Mbak You Justru Beri Peringatan Tegas Bagi Ruben Onsu Singgung Soal Peran Orang Tua, Ada Apa?

"Saya melihat spekulasi soal reshuffle ini dalam situasi krisis seperti ini justru menurut saya akan riskan sekali," ujar Arya.