Find Us On Social Media :

Sering Bikin Panik Belanda, Ini Sejarah Pasukan Harimau yang Misterius dan Disebut Lebih Mahir dari Kopassus

By None, Sabtu, 11 Juli 2020 | 20:35 WIB

Ilustrasi Kopassus

GridPop.ID - Selain TNI, Indonesia memiliki pasukan rahasia yang mumpuni.

Bahkan pasukan rahasia yang dimiliki Indonesia disegani di mata dunia.

Salah satunya adalah Kopassus, namun selain Kopassus adalagi pasukan rahasia yang tak kalah hebatnya yang dimiliki oleh Indonesia.

Baca Juga: 7 Tahun Jungkir Balik Usaha Namun Belum Juga Dapat Momongan, Andrea Dian Akhirnya Mantap Tindakan Medis Ini Meski Baru Sembuh dari Covid-19

Dulu, Belanda ingin menguasai Indonesia dan menjadikan Makassar sebagai ibukota Negara Indonesia Timur.

Melihat hal ini, para pejuang kemerdekaan di Makassar pun kemudian membentuk pasukan perlawanan demi melawan pasukan Belanda.

Pasukan perlawanan yang saat itu berhasil dibentuk untuk mempertahankan kemerdekaan RI adalah Laskar Pemberontak Rakyat Indonesia Sulawesi (Lapris).

Salah satu pejuang Lapris yang kemudian gugur dan menjadi pahlawan nasional adalah Robert Wolter Mongisidi.

Baca Juga: 2 Bulan Jalani Taaruf hingga Berakhir di Pelaminan, Dinda Hauw Bagikan Momen Romantis Bareng Rey Mbayang Hingga Rela Lakukan Hal Mengejutkan Ini di Malam Pertama

Karena perlawanan pasukan Lapris selalu berhasil dipukul mundur oleh pasukan Belanda, kekuatannya menjadi terpecah-pecah.

Pada serangan militer Belanda yang dilancarkan pada 8 Agustus 1946, kubu pasukan Lapris yang berada di Gunung Ranaya berhasil dihancurkan dan para pejuang Lapris pun memilih turun gunung .