Find Us On Social Media :

Jangan Salah, Selama Ini Disebut-sebut Membahayakan Kesehatan, Micin atau MSG Ternyata Juga Dibutuhkan Tubuh, Simak Penjelasannya

By None, Minggu, 20 September 2020 | 10:40 WIB

Monosodium glutamat (MSG) alias Micin

GridPop.ID - MSG atau Micin disebut-sebut sebagai bahan tambahan makanan yang berbahaya bagi tubuh. Penyedap rasa ini disebut bisa membahayakan kesehatan hingga membuat anak-anak menjadi bodoh. Lantas benarkah micin merupakan penyebab utama kebodohan?Jawabannya, dari sekian banyak riset dilakukan sejak muncul kabar Monosodium Glutamat (MSG) berbahaya bagi kesehatan, juga bisa menyebabkan kebodohan, tidak ada yang bisa menemukan bukti pasti adanya hubungan antara MSG dan  dampak negatif MSG yang diisukan selama ini.

Baca Juga: Gemar Konsumsi Mie Instan Tapi Takut Kesehatan Terancam? Begini Tips Cara Memasaknya Agar Kandungan MSG yang Membahayakan Hilang, Intip Yuk!Untuk diketahui, MSG adalah penambah rasa yang biasa ditambahkan kedalam makanan, yang ditemukan lebih dari 100 tahun lalu oleh seorang ahli kimia Jepang bernama Kikunae Ikeda.Awal ditemukannya MSG bahannya diambil dari rumput laut. Menurut Food and Drug Administration (FDA), saat ini MSG dibuat dengan memfermentasi pati gula, tebu, atau tetes tebu.Mengenai bahaya MSG bagi kesehatan manusia, pakar Gizi yang juga alumni Insitute Pertanian Bogor, Prof. Dr. M. Hardinsyah. M.S mengatakan, munculnya anggapan tentang bahaya MSG bagi kesehatan pertama kali dikemukakan oleh Dr. Ho Man Kwok setelah berkirim surat ke New England Journal of Medicine pada tahun 1988.Dalam suratnya dia menceritakan kemungkinan penyebab gejala yang dia alami setiap kali makan di restoran Cina di Amerika Serikat.

Baca Juga: Anti Micin-micin Club! Tak Perlu Pakai MSG, Cukup Gunakan Bahan Ini Agar Masakan Jadi Gurih dan Enak