Find Us On Social Media :

Terjadi 52 Gempa Bumi Dalam Kurun Waktu 20 Hari di Awal Januari 2021, BMKG: Ada yang Tak Lazim

By None, Sabtu, 23 Januari 2021 | 10:30 WIB

(Ilustrasi) Warga mengamati Gedung Kantor Gubernur Sulawesi Barat yang rusak akibat gempa bumi, di Mamuju, Sulawesi Barat, Jumat (15/1/2021). Petugas BPBD SUlawesi Barat masih mendata jumlah kerusakan dan korban akibat gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,2 tersebut.

GridPop.ID - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyoroti berbagai fenomena bencana alam yang bertubi-tubi terjadi di Indonesia.

Selain banjir dan erupsi gunung berapi, Indonesia juga mengalami rentetan gempa bumi yang tiada henti.

BMKG menyebut bahwa puluhan kali gempa bumi yang terjadi di Indonesia dalam kurun waktu 20 hari ternyata dinilai tak lazim.

Baca Juga: Rumahnya Rata dengan Tanah, Pengungsi Gempa di Sulbar Minta Bantuan Hingga Berharap Dibuatkan Tempat Tinggal Baru pada Jokowi: Dapat Nasi, Alhamdulillah

Tentu masih ingat di benak masing-masing kecelakaan pesawat mengawali tahun 2021 yang baru berjalan seminggu lebih.

Diawali dengan jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ 128 pada 9 Januari 2021 lalu hingga yang terbaru gempa berkekuatan 7,1 mengguncang wilayah Sulawesi Utara pada Kamis (21/1/2021) malam.

Belum lagi erupsi gunung Semeru hingga guguran lava pijar serta awan panas gunung Merapi yang masih terjadi.

Baca Juga: Berkah Inovasi Anak Negeri, Lampu Air Garam Berhasil Hadirkan Cahaya di Lokasi Pengungsian Korban Gempa Sulbar

Rentetan kejadian ini tak pelak menelan banyak korban jiwa.