Find Us On Social Media :

Bantuan Kuota Gratis Kemendikbud Ristek Cair Lagi Mulai Agustus 2021, Simak Berikut Ini Cara Dapatkan dan Besaran Kuota

By Lina Sofia, Rabu, 4 Agustus 2021 | 19:22 WIB

Kuota gratis kemendikbud Ristek diperpanjang

GridPop.ID - Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) diperpanjang hingga 9 Agustus 2021.

Atas keputusan tersebut, membuat kegiatan belajar mengajar masih harus dilakukan di rumah.

Untuk memastikan pendidikan tetap berlangsung di tengah situasi pandemi, Kemendikbud ristek memperpanjang bantuan kuota data internet bagi peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan serta orang tua.

"Berdasarkan pertimbangan kondisi yang tengah berlangsung, Kementerian Keuangan, Kemendikbudristek, dan Kementerian Agama akan melanjutkan Bantuan Kuota Data Internet dan Bantuan UKT Tahun 2021," tulis Kememendikbud Ristek dalam akun Instagram, Selasa (4/8/2021).

Sejak tahun lalu, bantuan kuota internet dinilai memiliki dampak positif dalam mengurangi beban membeli kuota sehingga proses belajar siswa menjadi lebih lancar.

Baca Juga: Kabar Gembira untuk Para Guru dan Dosen, Kemendikbud Bakal Berikan Vaksinasi Covid-19 Cuma-cuma Mulai Hari Ini

Untuk mengetahui lebih detail mengenai lanjutan bantuan kuota bagi siswa dan guru serta bantuan UKT bagi mahasiswa, Kemendikbud Ristek bersama dengan Kementerian Keuangan dan Kementerian Agama menggelar Peresmian Lanjutan Bantuan Kuota Internet dan Bantuan Uang Kuliah Tunggal Tahun 2021 hari ini, Rabu (4/8/2021).

Peresmian dan ketentuan terkait bantuan kuota serta UKT dapat disaksikan pukul 16.00 WIB di kanal YouTube Kemendikbud RI.

Dilansir dari Kompas.com, besaran bantuan kuota yang didapat Sebelumnya, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani lewat Instagram pribadinya @smindrawati, Kamis (30/7/2021), mengatakan, alokasi anggaran yang disiapkan pun ditambah dari Rp 3 triliun menjadi Rp 8,54 triliun.

Selain memperpanjang kuota gratis internet, lanjut Sri Mulyani, pemerintah juga menyediakan akses internet berkecepatan tinggi lewat proyek Palapa Ring.

Baca Juga: Pembelajaran Tatap Muka di Sekolah Mulai Diuji Coba Hari Ini, Berikut Sederet Syarat dan Ketentuan yang Wajib Dipatuhi, Keputusan Orang Tua Menjadi Kunci Utama