Find Us On Social Media :

Presiden Jokowi Instruksikan Biaya Tes PCR Diturunkan dan Singgung Penanganan Covid-19 di Tanah Air Butuh Kecepatan, Ini Penjelasannya

By Ekawati Tyas, Senin, 16 Agustus 2021 | 12:42 WIB

Ilustrasi tes PCR untuk Covid-19

GridPop.ID - Hasil tes PCR diminta agar dapat keluar maksimal dalam waktu 1x24 jam sesuai permintaan Presiden Joko Widodo.

Dilansir dari Kompas.com, tindakan Presiden Jokowi terkait hasil tes PCR beralasan bahwa penanganan pandemi Covid-19 membutuhkan kecepatan.

"Saya juga minta tes PCR bisa diketahui hasilnya dalam waktu maksimal 1x24 jam. Kita butuh kecepatan," kata Jokowi dalam siaran yang ditayangkan YouTube Sekretariat Presiden, Minggu (15/8/2021).

Orang nomor satu di Indonesai tersebut juga menyatakan dirinya telah memberikan instruksi pada Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin agar menurunkan harga tes PCR untuk Covid-19.

Menurut Jokowi, langkah melakukan penurunan harga tes PCR menjadi salah satu cara untuk memperbanyak pengetesan kasus.

"Saya berbicara dengan Menteri Kesehatan mengenai hal ini, saya minta agar biaya tes PCR berada di kisaran Rp 450.000-Rp 550.000," ujarnya.

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan pada Oktober 2020 telah menetapkan batas atas harga pemeriksaan PCR di laboratorium swasta sebesar Rp 900.000.

Sayangnya, masih banyak yang bahkan mematok harga di atas Rp 1 juta, terlebih jika hasilnya bisa diketahui dalam waktu 24 jam.

Baca Juga: Harganya Tembus 10 Kali Lipat dari India, Rahasia Penyebab Harga Tes PCR di Indonesia Melonjak Setinggi Langit Akhirnya Terbongkar