Find Us On Social Media :

Nyawa Taruhannya, Stop Gunakan Kertas Pembungkus Nasi Jenis Ini Bila Tak Ingin Penyakit Mematikan Menyerang Tubuh

By Hotia, Selasa, 28 September 2021 | 17:01 WIB

Kertas Nasi Ternyata Berbhaya Bagi Kesehatan, Bisa Memicu Kanker dan Penyakit ini!

GridPop.ID – Selama ini banyak yang tak peduli dengan jenis pembungkus makanan.

Pakar toksikologi kimia mengatakan, kertas coklat pembungkus nasi ternyata mengandung zat kimia berbahaya bagi kesehatan manusia.

Dilansir Grid.ID dari Tribun Pontianak, kertas nasi mengandung bisphenol A atau BPA, yang memiliki bahaya tersendiri bagi kesehatan tubuh.

Diketahui BPA sendiri sering digunakan sebagai bahan pembuat wadah atau pembungkus makanan bukan hanya dari plastik, tetapi juga kertas.

Terkait bahaya penggunaan kertas nasi ini juga sempat dipaparkan oleh LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) di website resminya.

Di mana Peneliti Pusat Penelitian Biomaterial Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, Lisman Suryanagara mengingatkan masyarakat supaya berhati-hati dengan kertas nasi dan kertas daur ulang yang dipakai untuk membungkus makanan.

Sebab menurut penelitiannya kertas nasi untuk membungkus makanan seperti untuk nasi goreng, nasi bungkus, atau martabak yang berwarna cokelat itu memiliki dampak buruk bagi kesehatan.

Berbicara tentang kemasan makanan berbahan dasar kertas yang paling lazim digunakan di Indonesia, ternyata masih banyak yang belum layak untuk dijadikan sebagai kemasan makanan primer.

"Masih banyak ditemukan penggunaan kertas koran, kertas bekas cetakan, atau kertas daur ulang sebagai kemasan nasi kotak, nasi bungkus, gorengan, dan kotak martabak," ungkap Lisman.

Hasil riset yang dilakukan LIPI menunjukan jumlah bakteri yang terkandung dalam kertas nasi yang terbuat dari kertas daur ulang sekitar 1,5 juta koloni per gram.

Baca Juga: Penghasilannya Jauh Lebih Kecil Dibanding Ria Ricis, Teuku Ryan Pertanyakan Pada sang Calon Istri hingga Dapati Jawaban yang Bikin Deg-degan