Find Us On Social Media :

Usahanya Tembus Pasar Mancanegara, Ini Dia Sosok Penting yang Jadi Pemasok Utama di Bisnis Mebel Milik Jokowi, Pernah Nyaris Gulung Tikar Gegara Hal Ini

By Lina Sofia, Rabu, 29 September 2021 | 13:02 WIB

Sumardi, sosok penting yang selama ini pasok mebel ke prabrik milik Jokowi.

GridPop.ID - Sebelum menjadi Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) dikenal sebagai pengusaha mebel yang telah sukses menembus pasar mancanegara.

Usaha mebelnya tersebut terletak di kawasan Kecamatan Kalijambe, Kabupaten Sragen yang ternyata tidak jauh dengan tempat tinggalnya di Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo.

Di balik kesuksesan usaha mebel Jokowi, ada salah satu sosok penting yang menunjang usahanya itu.

Dia adalah Sumardi, pria berusia 54 tahun yang selama puluhan tahun menjadi pengusaha mebel di Desa Karangjati, Kecamatan Kalijambe.

Ternyata Sumardi yang merintis usaha sejak 1991 dengan nama Mardi Mebel, menjadi salah satu pemasok mebel ke pabrik milik Jokowi.

"Saya buat kursi dan meja, dengan desain yang unik dan mengikuti perkembangan zaman," ungkapnya dikutip dari Tribun Solo disela-sela kunjungan Menkop dan UKM, Teten Masduki, Selasa (28/9/2021).

Dia blak-blakan, menjadi supplier atau pemasok utama di bisnis mebel milik Presiden Jokowi.

"Saya supplier utama Pak Jokowi, terutama untuk produk ekspor, waktu itu kita merintis sejak tahun 1994," terang dia.

Baca Juga: Digerogoti Kanker Paru-paru, Legenda Bulutangkis Indonesia Ini Dapat Bantuan Rp 100 Juta dari Presiden Jokowi, Sosok Ini Ungkap Fakta Mengejutkan