Find Us On Social Media :

Tinggal Lama di Indonesia, Bule Rusia Ngaku Alami Culture Shock Hingga Bandingkan Perilaku Warga +62 yang Bikin Geleng-geleng Kepala

By Sintia N, Rabu, 10 November 2021 | 20:02 WIB

Ilustrasi wanita mengalami culture shock di Indonesia

GridPop.ID - Istilah culture shock bukan lagi hal yang asing di era globalisasi dan tingginya mobilitas seperti saat ini.

Culture shock alias gegar budaya ini biasanya dialami seseorang yang baru pindah ke daerah baru dengan adat dan kebiasaan yang berbeda.

Hal ini juga pernah dialami oleh artis cantik Arumi Bachsin saat dirinya harus tinggal di sebuah desa di Trenggalek, Jawa Timur menemani suaminya, Emil Dardak yang saat itu menjabat sebagai bupati.

Saat itulah ia menemukan kebudayaan baru yang selama ini tak lazim ia dapati berkaitan dengan acara syukuran khitan seorang warga setempat.

"Ada salah satu (warga) yang bikin mewah banget khitanannya, sampai diarak, kayak orang kawinan tiga hari tiga malam dan 24 jam," tutur Arumi Bachsin di kanal YouTube Dodit Mulyanto, Kamis (7/10/2021), dikutip dari Kompas.com.

"Pas kita lihat anaknya, kok sudah enggak pakai sarung, kok sudah SMP kalau enggak salah. Ternyata khitanannya waktu kelas 5 SD, tapi baru terkumpul uangnya untuk bikin pesta itu," cerita Arumi.

Tak cuma Arumi Bachsin, seorang bule asal Rusia yang sempat tinggal di Indonesia juga mengaku sempat mengalami culture shock.

Baca Juga: Bak Petir di Siang Bolong, Suami Oki Setiana Dewi Dilarikan ke Rumah Sakit Jelang Pernikahan Ria Ricis yang Tinggal Hitungan Hari: Pingsan, Gigi Patah dan Bibir Sobek