Find Us On Social Media :

Minta Penyandang Tunarungu Bicara di Hari Disabilitas Internasional, Mensos Tri Rismaharini Banjir Kritikan, Pejuang Tuli Akui Kecewa hingga Sakit Hati

By Lina Sofia, Sabtu, 4 Desember 2021 | 12:22 WIB

Mensos Tri Rismaharin dikritik minta anak tulis berbicara

GridPop.ID - Baru-baru ini heboh Menteri Sosial Tri Rismaharini memaksa penyandang tunarungu untuk berbicara di Hari Disabilitas Internasional (HDI) 2021.

Risma pun akhirnya banjir kritikan dari netizen atas tindakannya itu.

Salah satu orangtua dari penyandang disabilitas ini pun juga menyayangkan tindakan Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini yang meminta anak tuli berbicara.

Dilansir dari Kompas.com, Iies Arum Wardhani, orangtua dari anak penyandang disabilitas, sempat menghadiri acara Hari Disabilitas Internaisonal yang digelar Kementerian Sosial (Kemensos), pada Rabu (3/12/2021).

Meski Iies mengapresiasi undangan Kemensos, namun ia mengaku sakit hati saat mendengar Risma mengajak anak-anak tuli untuk berteriak.

“Ketika itu, beliau (Risma) mengatakan, ‘ayo berteriak seperti ini’. Itu benar-benar sangat menyakiti hati saya,” kata Iies, dalam konferensi pers Koalisi Organisasi Penyandang Disabilitas Anti-Audism secara daring, Jumat (3/12/2021).

Awalnya, ia berharap acara HDI yang digelar Kemensos bisa menjadi acara yang hangat dan memanusiakan anaknya.

Namun, acara itu tidak sesuai harapannya. Sebab, anak-anak tuli diberikan alat bantu dengar dan diminta untuk berbicara.

Baca Juga: Mensos Tri Rismaharini Temukan Puluhan Ribu ASN Terima Bansos, Kemenpan RB Tegaskan Bakal Ada Sanksi Tegas Ini Bila Ditemukan PNS yang Lakukan Tindakan Penyalahgunaan Wewenang