Find Us On Social Media :

Jadi Gunung Berapi Tertinggi ke-3 di Indonesia, Gunung Semeru Disebut-sebu Jadi Paku Bumi Pulau Jawa yang Ditancapkan Para Dewa, Ini Kisahnya!

By Lina Sofia, Senin, 6 Desember 2021 | 17:21 WIB

Gunung Semeru

GridPop.ID - Gunung Semeru kini tengah menjadi pusat perhatian.

Gunung Semeru baru saja mengalami erupsi yang terjadi pada Sabtu (4/12/2021) kemarin hingga meluluh lantahkan wilayah Lumajang dan sekitarnya.

Kepala Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Ekologi (PVMBG) Andiani, disebutkan guguran awan panas mengarah ke daerah Besuk Kobokan.

Pihak PVMBG sampai saat ini terus memantau situasi di lapangan, dan juga dalam proses pengecekan jarak luncur awan panas.

Bicara soal Gunung Semeru, ternyata ada fakta menarik yang harus Anda ketahui mengenai gununga berapi tertinggi ke tiga di Indonesia ini.

Melansir GridHot.ID dari Intisari-Online, menurut kitab Tantu Pagelaran peninggalan Kerajaan Majapahit menyebutkan jika Batara Guru memerintahkan Dewa Wisnu untuk mengisi pulau Jawa dengan manusia.

Namun karena Pulau Jawa dikisahkan masih mengambang di lautan luas, Jawa terombang-ambing dan terus berguncang.

Para dewa kemudian memutuskan memaku Pulau Jawa dengan gunung sebagai pakunya.

Konon, gunung yang dipilih adalah Gunung Mahameru di India, yang kemudian dipindahkan ke atas Pulau Jawa.

Awalnya gunung tersebut diletakkan di bagian barat, tapi hal tersebut membuat bagian timur pulau Jawa terangkat, kemudian gunung dipindahkan ke bagian timur.

Baca Juga: 'Napas Ngos-ngosan', Korban Selamat Erupsi Gunung Semeru Harus Lari hingga 13 KM Demi Selamatkan Nyawa, Situasi Saat Bencana Terjadi Diceritakan Bak Kiamat