Find Us On Social Media :

Doddy Sudrajat Ngotot Minta Hak Perwalian tapi Enggan Asuh Gala Sky, Faisal Langsung Beri Tanggapan Menohok Soal Tujuan: Hanya Dia yang Tahu

By Veronica S, Sabtu, 15 Januari 2022 | 20:42 WIB

Doddy Sudrajat dan Haji Faisal

GridPop.ID - Polemik perihal hak perwalian Gala Sky Andriansyah antara Doddy Sudrajat dengan Faisal masih belum menemui titik terang.Mediasi untuk Doddy Sudrajat dan Faisal yang digelar Pengadilan Agama Jakarta Barat pun gagal mencapai kesepakatan.Di sisi lain, Doddy Sudrajat rupanya membuka pintu damai dengan meminta hak perwalian atas Gala Sky dan menyerahkan hak asuh kepada Faisal.Dilansir dari Kompas.com, Doddy tidak datang di sidang ketiga, Rabu (12/1/2022) dan hanya diwakilkan kuasa hukumnya, Tegar Firmansyah dan Rezky Bidadah.Sebelum sidang dimulai, Tegar Firmansyah mewakili Doddy Sudrajat bertemu dengan Faisal dan mediator di ruang mediasi.Adapun kata Tegar, Doddy tidak hadir karena mengantar orangtuanya ke rumah sakit. Namun mediasi tersebut juga belum berhasil menemukan titik temu.

"Memang sudah dilakukan mediasi bersama mediator dan mediasi tersebut tidak tercapai kesepakatan," ujar Tegar Firmansyah.Tegar Firmansyah mengatakan, Doddy masih memperjuangkan haknya sebagai kakek untuk bisa mengurus Gala."Iya, karena Pak Doddy bagaimanapun dia itu kakeknya, dia punya hak untuk mengasuh Gala," kata kuasa hukum Doddy Sudrajat, Tegar Firmansyah setelah sidang ketiga di Pengadilan Agama Jakarta Barat.

Baca Juga: Bakal Dipolisikan Doddy Sudrajat, Curhatan Fuji soal Ayah Vanessa Angel Dibongkar sang Ibu, Haji Faisal Sampai Tak Keberatan Lakukan Ini: Saya Kepala KeluargaWalaupun gagal mediasi secara formal, Tegar Firmansyah memastikan, kliennya masih mau berusaha untuk mencari titik temu dengan Faisal di luar pengadilan.Salah satunya, Tegar telah menawarkan perdamaian kepada pihak Faisal sesuai keinginan kliennya."Sebenarnya yang kepengin dari pihak Doddy itu perwalian di kita, asuh di Pak Faisal. Tapi tidak menutup kemungkinan asuh dilakukan secara bersama-sama," ungkap Tegar.Mendengar keinginan besannya tersebut, Faisal selaku kakek Gala Sky beranggapan bahwa permintaan itu tidak sinkron.Pasalnya menurut aturan, baik hak perwalian maupun hak asuh harus berjalan seiringan dan dilakukan satu orang."Sebenarnya tidak sinkron ya, jadi sinkronnya hak wali menyatu dengan hak asuh," ucap Faisal, dilansir Tribun Style dari YouTube Langit Entertainment pada Jumat, 14 Januari 2022.Faisal menyebutkan apabila hak wali dipisahkan akan memberatkan pihak yang hanya mendapatkan hak asuh.Hal itu lantaran si pemegang hak asuh tak bisa ikut mengatur segala sesuatunya tentang anak."Kalau kita pisahkan hak wali dan hak asuh itu enaknya di orang yang punya hak wali. Kenapa?" katanya.

Baca Juga: 'Dia Orang Berada', Tudingan Puput Sudrajat Nyemplung ke Bisnis Esek-esek Dibantah, Terkuak Profesi Mentereng Mantan Suami yang Perkuat Bantahan"Karena hak wali dia akan mengurus dan mutuskan tentang sesuatu mengenai si Gala. Kenapa? Apakah belanjanya berapa? Seluruh urusan-urusan dia itu wali," terang Faisal.Sedangkan pemegang hak wali memiliki kewenangan penuh mengatur segala urusan anak, tetapi tidak ikut repot mengurusnya."Tapi yang ngasuh hanya tinggal ngasuh aja. Jadi urusan-urusan lain nggak bisa dia ikut campur. Karena hak wali ini orang yang mewalikan ini orang yang punya kekuasaan penuh terhadap anak," tambahnya.Faisal sendiri tak mengetahui apa yang menjadi tujuan Doddy Sudrajat terkait usulan tersebut."Yang jelas hak mengatur Gala kan di hak wali, kalau orang mengasuh ya hanya mengasuh saja, membesarkan saja kan. Kekuasaan penuh kan di wali. Jadi apa tujuan dia saya nggak paham, hanya dia yang tahu," pungkasnya.Dengan proses mediasi yang gagal, persidangan akan memasuki pokok perkara.Sidang selanjutnya akan berlangsung tanggal 9 Februari 2022 dengan agenda pembuktian dari Faisal.Doddy juga dikabarkan harus hadir dalam sidang berikutnya tersebut.

GridPop.ID (*)