Find Us On Social Media :

Tak Terima Gala Sky Disebut Nyaman dengan Keluarga Faisal, Pihak Doddy Sudrajat Akui Komnas PA Keliru: Beliau Meski Harus Lebih Profesional Lagi

By Veronica S, Minggu, 16 Januari 2022 | 20:32 WIB

Kolase Foto Arist Merdeka Sirait, Faisal, dan Doddy Sudrajat.

GridPop.ID - Polemik perihal hak perwalian Gala Sky Andriansyah belum juga menemui titik terang.Komisi Nasional (Komnas) Perlindungan Anak sampai turun tangan mengupayakan mediasi untuk Doddy Sudrajat dengan Faisal.Belum lama ini, Doddy Sudrajat mangki dari panggilan Komnas PA.Beberapa waktu lalu, Komnas PA sempat mengunjungi kediaman almarhum Vanessa dan Bibi Andriansyah.Kunjungan beragenda visitasi itu untuk mengklarifikasi berbagai informasi yang sebelumnya disampaikan oleh Doddy Sudrajat mengenai Gala Sky.Mereka menyaksikan sendiri bagaimana kondisi Gala setelah diasuh keluarga Faisal usai kepergian Vanessa dan Bibi.Ketua Komnas Perlindungan Anak, Arist Merdeka Sirait menyimpulkan, Gala sangat nyaman tinggal bersama keluarga Faisal."Sampai hari ini saya menyimpulkan, Gala lebih baik tinggal di tempat yang nyaman. Orang sekitar harus didukung biar bertumbuh dan berkembang," kata Arist saat ditemui di kawasan Pasar Rebo, Jakarta Timur, Sabtu (15/1/2022)."Kita itu lembaga yang ingin memberikan yang terbaik bagi Gala, enggak ada kita berpihak pada siapa-siapa, biarkan Gala bertumbuh dan berkembang di mana dia senang," lanjutnya.

Baca Juga: Cuma Incar Harta? Faisal Pertanyakan Tujuan Doddy Sudrajat yang Ngebet Perjuangkan Hak Perwalian tapi Relakan Hak Asuh Gala SkyHal itu juga dibenarkan Roostien Ilyas, Dewan Pengawas Komnas Perlindungan Anak."Saat itu, kita lagi ngobrol, Si Gala lari ke sana dan sini, bawa sepatunya ke arah Fuji. Fuji ada di dekat kita, dia ke arah Fuji, dia lompat, dia tepuk-tepuk seperti anak-anak pada umumnya. Tidak mungkin anak seperti Gala yang masih berumur 1 tahun 4 bulan bisa dipengaruhi oleh siapapun," ucap Roostien.Fakta tersebut, menurut Roostien, adalah sifat alami Gala sebagai anak-anak."Itu sangat alami sekali. Di situ terlihat dari fisik, sorot mata, kelucuan, dan tanpa nangis sama sekali, dia ketawa-ketawa. Itulah tumbuh kembang yang sebenarnya. Itulah yang kami inginkan, kami ingin lihat dan kami dapati di sana," lanjut Roostien.Dari visitasi tersebut, Komnas Perlindungan Anak mengaku siap untuk terlibat dalam sidang perwalian hak asuh Gala Sky Andriansyah sebagai saksi ahli maupun saksi fakta."Kalau nanti saya diminta jadi saksi ahli untuk gugatan perwalian dan hak asuh anak yang diusulkan Pak Faisal, saya siap dan jelas komisioner akan berpihak pada kepentingan terbaik anak," ungkap Arist Merdeka Sirait.Mengenai pernyataan Arist soal Gala Sky sangat nyaman tinggal bersama keluarga Faisal, rupanya pihak Doddy Sudrajat tidak setuju.Kuasa hukum Doddy Sudrajat, Djamaluddin Koedoeboen, menerangkan bahwa apa yang disampaikan oleh Komnas PA pada saat berkunjung ke kediaman Faisal tersebut telah keliru."Sebetulnya apa yang disampaikan oleh Komnas PA, menurut kami, dari awal beliau sebetulnya udah keliru," ujar Djamaluddin Koedoeboen dikutip TribunStyle.com dari kanal YouTube Seleb Oncam News, Minggu, 16 Januari 2022.

Baca Juga: Doddy Sudrajat Rewel Tagih Ponsel Vanessa Angel, Faisal hingga Detik Ini Masih Enggan Serahkan Pada sang Besan, Terkuak Alasan di Baliknya"Karena ketika beliau keluar dari rumahnya Pak Haji Faisal, itu beliau sudah berkesimpulan terkait dengan siapa yang mesti lebih layak untuk mengasuh Gala. Dan menurut kami, tidak ada dependensi di situ," imbuhnya.Pihak Doddy berharap Komnas PA untuk ke depannya lebih profesional lagi dalam mengatasi permasalahan seperti ini."Dan saya kira beliau mesti harus lebih profesional lagi," ungkap kuasa hukum Doddy Sudrajat.Selain itu, dalam kesempatan yang sama Doddy mengungkap alasan kenapa dirinya mangkir dari panggilan Komnas PA untuk mediasi.Ayah mendiang Vanessa Angel itu merasa tidak ada hal yang perlu diklarifikasi lagi dari dirinya."Sebenarnya saya enggak mau datang, saya sudah WA sama bang Aris Sirait. Saya bilang ke Bang Arist kalau saya tidak datang ke sana karena tidak ada yang perlu diklarifikasi lagi," tutur Doddy Sudrajat dikutip TribunStyle.com dari kanal Youtube Seleb Oncam News, Minggu, 16 Januari 2022.Selain itu, mertua mendiang Bibi Andriansyah itu juga tidak mau melakukan mediasi untuk urusan perwalian Gala Sky ini dengan Komnas PA.Menurutnya, mediasi dari pihak Pengadilan Negeri Jakarta Barat sudah cukup."Karena mediasi ini sudah dilakukan pihak Pengadilan Negeri Jakarta Barat. Jadi tidak harus mediasi lagi," ungkap Doddy Sudrajat.

Baca Juga: Doddy Sudrajat Ngotot Minta Hak Perwalian tapi Enggan Asuh Gala Sky, Faisal Langsung Beri Tanggapan Menohok Soal Tujuan: Hanya Dia yang TahuSelain itu, Doddy juga merasa heran jika dirinya disebut kecewa atau marah oleh Arist Merdeka Sirait.Menurutnya, jawaban Arist seperti tak keberatan dengan keputusannya kala itu."Saya sudah SMS ke Pak Arist, dan Pak Arist bilang 'Oh itu sudah hak Pak Doddy. Jadi ya sudah, enggak ada apa-apa", pungkas Doddy Sudrajat.Sebelumnya pihak Komnas PA sudah menghubungi Doddy melalui WhatsApp dan memintanya hadir.Namun Doddy kemudian menolak dan berujar bahwa tak ada yang perlu diselesaikan lagi antara dirinya dengan Faisal.Hingga akhirnya Komnas PA menyebut Doddy merupakan sosok yang sombong dan mengecewakan pihaknya.

GridPop.ID (*)