Find Us On Social Media :

Tewaskan 11 Korban, Ternyata Sosok Pemimpin Kelompok Ritual Maut di Pantai Payangan Bukanlah Ustaz atau Kiai, Profesi Aslinya di Luar Dugaan

By Luvy Octaviani, Rabu, 16 Februari 2022 | 05:03 WIB

Proses pencarian korban terseret ombak di pantai Payangan, Jember.

GridPop.ID - Peristiwa pilu terjadi di Pantai Payangan.Dilansir dari laman kompas.com, jumlah total korban meninggal dunia yang terseret ombak Pantai Payangan saat melakukan ritual sebanyak 11 orang.

Satu di antara mereka adalah anggota polisi asal Kabupaten Bondowoso. “Semua sudah ditemukan, jumlah total korban meninggal dunia ada 11 orang,” kata Kasat Polairud Polres Jember, AKP M Nai pada Kompas.com via telepon.Peristiwa memilukan tersebut bermula ketika sekelompok orang melakukan ritual di Pantai Payangan.Dari 23 peserta ritual, 11 di antaranya meninggal dunia akibat terseret ombak. Ritual tersebut dijalankan oleh anggota Padepokan Jamaah Tunggal Jati Nusantara. Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Jember AKBP Hery Purnomo mengatakan, ritual itu dijalankan dengan berbagai tujuan, antara lain untuk menyelesaikan masalah keluarga, melancarkan usaha, hingga untuk memudahkan mendapat pekerjaan.

“Kata guru spiritual mereka, masalah-masalah itu bisa diselesaikan secara ritual di Pantai Payangan,” ujarnya dalam program Sapa Indonesia Malam Kompas TV, Minggu.Hery menjelaskan, para peserta awalnya menjalankan ritual di pinggir pantai. “Di sana mereka membaca doa-doa,” ucapnya.

Baca Juga: Pantas Jarang Berkonflik Setelah 4 Tahun Nikah, Maia Estianty Ternyata Pilih Pisah Rumah dengan Irwan Mussry, Alasannya Tak Disangka-sangka