GridPop.ID - Pacaran dengan teman sekantor sudah bukan menjadi hal baru.
Bahkan cerita pacaran dengan teman sekantor kerap diadaptasikan menjadi film, termasuk beberapa drama korea.
Sebut saja Forecasting Love and Weather. Drama Korea Selatan ini mengisahkan Park Min Young dan Song Kang yang menjadi karyawan BMKG Korea Selatan mulai menyukai satu sama lain.
Pertanyaannya, bagaimana jika kamulah yang berada di posisi sebagai manajer dan ada karyawan kamu yang pacaran dengan teman kantor?
Melansir Team Building, ada 5 cara untuk menghadapi asmara satu kantor sebagai seorang manajer.
1. Buat aturan lebih dulu
Jika staf kamu belum ada yang terlibat asmara satu kantor, tidak ada salahnya kamu membuat aturan lebih awal sebelum hal itu kejadian.
Berikut ini beberapa contoh aturan yang bisa kamu cantumkan sebagai manajer untuk persiapan jika ada karyawanmu yang pacaran dengan teman kantor.
- Tidak ada tampilan fisik kasih sayang di depan umum, yang didefinisikan sebagai tindakan fisik apa pun selain berpelukan atau berpegangan tangan, di properti perusahaan.
- Tidak ada perdagangan bantuan romantis, tidak terbatas pada tanggal, tindakan fisik, atau hubungan, dengan imbalan layanan, barang, atau keuntungan organisasi.
- Interaksi antara karyawan yang terlibat asmara harus ditinjau oleh pihak ketiga yang netral, seperti departemen sumber daya manusia.
Jika definisi kamu tentang asmara satu kantor mencakup klien, pastikan untuk menyebutkan fakta ini dalam bahasa yang jelas.
Menetapkan aturan dan meminta karyawan untuk meninjau serta mengetahuinya di awal akan mencegah kemungkinan kejutan yang tidak menyenangkan di kemudian hari.
2. Konsultasi dengan bagian HR
Asmara di kantor bukanlah hal yang baru, boleh jadi hal tersebut sudah terjadi di perusahaan kamu bahkan sebelum kamu masuk atau menjadi manajer.
Maka itu, sebagai manajer, kamu harus mengetahui kebijakan semacam itu dari HR, sehingga bisa mengomunikasikan persyaratan ini kepada rekan tim kamu.
Bahkan jika perusahaan tidak memiliki aturan ketat untuk asmara satu kantor, bagian HR dapat membantu kamu menavigasi kompleksitas situasi.
Misalnya, bagian HR dapat menjelaskan perilaku apa yang merupakan pelecehan seksual, dan membantumu menghindari tuduhan diskriminasi terhadap hubungan non-tradisional.
Pasalnya, HR juga membantu menetapkan standar perilaku tempat kerja yang sesuai untuk semua pihak. Misalnya, dengan menetapkan topik percakapan di luar batas.
3. Tetapkan batasan dan berikan kepercayaan
Menetapkan batasan akan melindungi semua pihak. Tidak ada yang ingin merasa tidak nyaman.
Kamu boleh jadi berpikir ingin menghindari semua diskusi tentang asmara atau romansa, tetapi pendekatan itu justru mungkin membuat hubungan kamu dan rekan menegang.
Namun, hindari mencongkel informasi tambahan. Misal, sebagai aturan terkait batasan, tidak boleh mendiskusikan detail hubungan intim di tempat kerja.
Diskusikan kemungkinan di muka sehingga anggota tim tahu untuk membedakan dan memisahkan konflik pribadi dari konflik pekerjaan.
Menetapkan batasan dan mendiskusikan percakapan etiket berkencan di tempat kerja sebelum masalah muncul membuat interaksi tetap mudah dan menyenangkan.
Setelah kamu menetapkan aturan dan batasan, kamu tidak perlu ikut campur urusan pribadi karyawan jika kehidupan cintanya memengaruhi kehidupan kerja mereka.
Pendekatan terbaik adalah dengan menetapkan aturan, memastikan rekan setim kamu memahami harapan, lalu mundur dan tunjukkan kepercayaan pada karyawan.
4. Perlakukan dengan pertimbangan yang sama
Sadarilah bahwa standar dan harapan yang kamu tetapkan untuk asmara satu kantor itu berlaku untuk semua karyawan.
Jika kamu sebagai manajer memiliki aturan formal, maka pastikan untuk menegakkan peraturan secara merata dan konsisten.
Berhati-hatilah dengan perlakuan kamu terhadap pasangan yang pacaran dengan teman kantor dan cobalah untuk tidak menunjukkan preferensi untuk satu pasangan lebih dari yang lain.
5. Buat rencana dan ambil tindakan darurat
Lingkungan kerja harus menjadi tempat yang aman bagi semua pekerja, dan tak seorang pun boleh merasa dilecehkan atau ditekan untuk melakukan pertemuan romantis.
Sebagai manajer, bersuaralah tentang fakta bahwa rekan tim kamu selalu dapat datang kepada kamu untuk mendapatkan dukungan dan bimbingan.
Buatlah diri kamu sebagai sekutu sehingga rekan kerja tahu bahwa mereka dapat mendekati kamu untuk meminta bantuan jika situasi yang tidak menguntungkan muncul.
Selaras dengan itu, sebagai manajer kamu juga harus bersiap dengan kemungkinan terburuk. Meskipun pacaran dengan teman kantor tak selalu berakhir dengan tragedi, efek dari kandasnya asmara satu kantor dapat menjadi bencana.
Perpisahan yang berantakan dapat membuat sulit untuk terus berkolaborasi di tempat kerja, sering kali memaksa salah satu mantan untuk meninggalkan perusahaan.
Maka itu, dengan memiliki rencana darurat, kamu dapat mencegah kehilangan rekan setim yang berharga secara permanen karena situasi yang menyakitkan untuk sementara.
Nah, itulah 5 hal yang bisa dilakukan seorang manajer saat menghadapi kasus asmara satu kantor atau saat mendapati ada rekan yang pacaran dengan teman kantor.
GridPop.ID (*)
Artikel ini telah tayang di Parapuan.co dengan judul 'Sebagai Manajer, Catat 5 Cara Ini untuk Menghadapi Asmara Satu Kantor'