Find Us On Social Media :

Umat Muslim Wajib Tahu! Berikut Niat dan Tata Cara Mandi Wajib Usai Melakukan Hubungan Intim dan Selesai Masa Haid di Bulan Ramadhan, Ini Hukumnya Jika Menunda

By Lina Sofia, Rabu, 6 April 2022 | 03:32 WIB

Tata cara dan niat mandi junub untuk pasangan suami istri

GridPop.ID - Bagi umat muslim kini sudah memasuki bulan suci Ramadhan 2022.

Hendaknya bagi kita memperbanyak ilmu agama yang berhubungan dengan puasa ramadhan, termasuk mengetahui soal mandi junub atau mandi wajib.

Mungkin sebagian dari kita masih banyak yang belum mengetahui tata cara dan bacaan niat saat mandi wajib.

Seperti diketahui mandi junub atau mandi wajib diharuskan bagi umat Islam setelah berhubungan badan atau perempuan yang menyelesaikan masa haidnya.

Umat Islam harus melakukan mandi wajib setelah berhadats besar agar kembali suci.

Lantas, kapan waktu untuk melakukan mandi wajib saat bulan Ramadhan?

Dilansir dari Tribun Ramadan, Dosen UIN Raden Mas Said Surakarta, Dr. H. Muh. Nashiruddin, S.Ag, M.A, M.Ag, menjelaskan mengenai waktu yang tepat melakukan mandi wajib, apakah sesudah sahur atau sebelum sahur.

"Jawabannya adalah tergantung waktu yang tersisa untuk sahur, karena sahur yang jelas ada waktu yang terbatas sampai pada terbitnya fajar shodiq atau masuknya waktu subuh," ujar Nashiruddin dalam tayangan YouTube Tribunnews.com program Tanya Ustaz.

Ia menyampaikan, apabila waktu yang tersisa untuk sahur tinggal sedikit, maka diutamakan melakukan sahur terlebih dahulu.

Baca Juga: Ramadhan 2022 Telah Tiba, Berikut Tata Cara Salat Tarawih dan Witir Sendiri Maupun Berjamaah, Mulai dari Niat Sampai Bacaan Doa Kamilin

Setelah sahur baru kemudian melakukan mandi wajib.

Apabila waktu yang dimiliki masih banyak dan memungkinkan untuk mandi wajib, maka terlebih dahulu mandi wajib agar tubuh dalam keadaan bersih.