Find Us On Social Media :

Maag Kambuh Saat Puasa? Coba Minum Obat Ini, Dokter Jamin Asam Lambung Minggat Tanpa Efek Samping!

By Arif B, Minggu, 10 April 2022 | 15:21 WIB

Maag kambuh saat puasa?

GridPop.ID - Umat muslim di Indonesia tengah fokus melaksanakan ibadah puasa di bulan suci Ramadan 2022 ini.

Termasuk bagi mereka yang memiliki penyakit asam lambung atau maag.

Jika maag kambuh saat puasa, kamu bisa minum obat yang dianjurkan dokter ini agar asam lambung minggat.

Kamu pun tidak perlu khawatir karena obat ini tidak akan mengakibatkan efek samping jika dikonsumsi sesuai anjuran dokter.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Penyakit Lambung dan Pencernaan Ari Fahrial Syam mengatakan, penderita penyakit maag boleh berpuasa.

Namun, Ari mengatakan, pada minggu pertama menjalankan puasa, memang akan timbul rasa tidak nyaman pada lambung.

"Dalam minggu-minggu pertama, semua orang, apalagi yang sakit maag, ini adalah masa-masa yang memang perlu 'perjuangan', penyesuaian-lah istilahnya," kata Ari, dikutip dari tayangan YouTube KompasTV, Selasa (13/4/2021).

"Tahan aja dulu (sakitnya), yang penting tidak muntah, enggak ada masalah. Karena nanti asam lambung juga akan menyesuaikan dengan kondisi tersebut (puasa)," kata Ari melanjutkan.

Obat maag yang dikenal di masyarakat sendiri adalah Proton Pump Inhibitors (PPI). Antara lain lansoprazole (prevacid), rabeprazole (aciphex), omeprazole (prilosec, zegerid), dan pantoprazole (protonix).

Baca Juga: Ibadah Gak Bakal Kacau Karena Maag Kumat! Berikut Ini 5 Tips Bagi Penderita Gangguan Lambung yang Hendak Berpuasa, Salah Satunya Jangan Makan dengan Porsi Segunung