Find Us On Social Media :

Alami Sakit Perut saat Puasa? Berikut Kenali Penyebab dan Cara Mencegahnya, Lengkap dengan Jenis Asupan yang Harus Dihindari saat Kambuh

By Lina Sofia, Jumat, 15 April 2022 | 03:31 WIB

Ilustrasi sakit perut saat puasa.

GridPop.ID - Umat muslim kini tengah melaksananakan ibadah puasa Ramadhan 2022.

Yang biasanya menjadi hambatan ketika menjalankan ibadah puasa adalah sakit perut.

Sakit perut saat puasa ini bisa berupa kram perut, radang lambung atau gastritis, sampai diare.

Dilansir dari The National via Surya.co.id, ada beberapa kemungkinan penyebab sakit perut saat puasa yang sering dilaporkan penderita, di antaranya:

Makan berlebihan saat buka puasa, makan makanan terlalu pedas atau asam, keracunan makanan atau mengonsumsi asupan yang tidak higienis, asam lambung naik.

Lantas bagaimana cara mencegahnya?

Pencegahan paling efektif ada baiknya Anda merencanakan pola makan sehat sepanjang menjalani ibadah Ramadhan supaya puasa lancar tanpa gangguan pencernaan.

Gejala sembelit penting dikenali untuk mendukung upaya diagnosis dini dan pengobatan sesegera mungkin gangguan pencernaan ini.

Berikut langkah-langkah pencegahannya dilansir dari Malaysian Dietitians' Association, makan dan minum berlebihan bisa memperparah gejala sakit perut.

Baca Juga: Aktivitas Terbengkalai Karena Ngantuk? Simak 4 Tips Alami Hilangkan Keinginan untuk Tidur saat Jam Produktif Selama Bulan Ramadan 2022