Find Us On Social Media :

Pantas Orang Jepang Pintar-pintar, Selama Ini Kita Saja yang Masaknya Salah, Olah Ikan dengan Cara Ini Justru Timbun Penyakit hingga Bisa Mati Muda!

By Arif B, Minggu, 17 April 2022 | 10:42 WIB

Ilustrasi Sushi

GridPop.ID - Mudah diolah menjadi berbagai jenis makanan membuat ikan menjadi hidangan favorit banyak orang.

Selain itu, ikan juga kaya akan Omega-3 yang bagus untuk pembentukan otak.

Bahkan, fakta menunjukkan jika orang Jepang yang tingkat konsumsi ikannya lebih tinggi memiliki tingkat kecerdasan yang lebih tinggi.

Melansir dari Kompas.com, salah satu komponen gizi yang terkandung dalam ikan dan diduga berperan dalam meningkatkan kecerdasan ialah Docosa-hexaenoic-acid (DHA).

Yakni asam lemak tak jenuh ganda berupa rantai panjang Omega-3, terdiri dari 22 atom karbon, 32 atom hydrogen dan 2 atom oksigen (rumus molekul: C22H32O2).

Namun, kandungan Omega-3 ini ternyata akan hilang begitu saja kalau kita salah dalam pengolahannya lho.

Melansir dari Sajian Sedap, ada alasannya mengapa ikan sebaiknya tidak digoreng.

Ahli Gizi Komunitas Dr dr Tan Shot Yen dalam unggahannya di akun Instagram miliknya @drtanshotyen, mengatakan bahwa ikan sebaiknya tidak digoreng.

Baik itu pan-frying atau pun deep-frying.

Baca Juga: Viral Kemunculan Ikan Iblis Merah di Danau Toba, Nelayan Terancam Tak Bisa Melayar, Ini Kata Dinas Setempat!

Deep-frying menggunakan jumlah minyak yang sangat banyak untuk merendam ikan. Sementara, pan-frying menggunakan lebih sedikit minyak pada wajan.

Selama penggorengan, ikan akan menyerap lemak dalam minyak tersebut. Alhasil, jumlah kalori di dalamnya meningkat dan mengubah jenis lemak yang terkandung.