Find Us On Social Media :

Kabar Gembira untuk Kita Semua! Umat Muslim di Seluruh Dunia Bakal Rayakan Lebaran Idul Fitri 2 Kali dalam Setahun, Penyebabnya Tak Disangka-sangka

By Sintia N, Kamis, 5 Mei 2022 | 12:32 WIB

Ilustrasi lebaran idul fitri

GridPop.ID - Tak terasa Hari Raya Idul Fitri 1443 H sudah di depan mata.

Setelah sebulan lamanya berpuasa, kini umat muslim di seluruh dunia bersiap menyambut hari kemenangan.

Meski masih dalam kondisi pandemi, namun lebaran kali ini akhirnya masyarakat bisa kembali berkumpul bersama keluarga.

Kementerian Agama pun telah memprediksi lebaran 2022 akan jatuh pada 2 Mei 2022.

Dilansir dari Kompas.com, menilai secara hisab posisi hilal di Indonesia saat sidang isbat 1 Syawal 1443 H mendatang sudah bisa terlihat.

“Di Indonesia, pada 29 Ramadan 1443 H yang bertepatan dengan 1 Mei 2022 tinggi hilal antara 4 derajat 0,59 menit sampai 5 derajat 33,57 menit dengan sudut elongasi antara 4,89 derajat sampai 6,4 derajat,” jelas Direktur Jenderal Bimas Islam Kemenag, Kamaruddin Amin, seperti dikutip dari keterangan tertulisnya, Senin (25/4/2022).

"Artinya, secara hisab, pada hari tersebut posisi hilal awal Syawal di Indonesia telah masuk dalam kriteria baru MABIMS," ucap Kamaruddin. 

Fakta unik lainnya terkuak dimana disebutkan umat muslim akan merasakan peristiwa langka dimana Ramadhan dan lebaran akan terjadi dua kali dalam setahun.

Kok bisa? Simak penjelasannya berikut ini!

Baca Juga: Curhat Mutia Ayu Usai 2 Tahun Ditinggal Mendiang Suami, Ungkap Glenn Fredly Ternyata Tak Ingin Gewa Jadi Penyanyi Melainkan Berharap sang Putri Lakoni Profesi Ini

Pada umumnya, hari raya Idul Fitri atau lebaran terjadi satu tahun sekali.

Namun, pada tahun 2030 mendatang, umat Islam akan merayakan bulan Ramadhan dan Idul Fitri dua kali.