Find Us On Social Media :

'Gak Usah Banyak Alasan', Emosi Gibran Memuncak, Wali Kota Solo Dukung Pemecatan BP Meski Ngakunya Baru Pertama Kali

By Arif B, Kamis, 30 Juni 2022 | 18:23 WIB

Emosi Gibran memuncak saat dapati petugas pungli.

GridPop.ID - Belakangan ini warganet tengah dihebohkan dengan video viral petugas Terminal Tirtonadi yang melakukan aksi pungli (pungutan liar).

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka pun mendukung aksi Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah X Provinsi Jawa Tengah dan DIY dengan melakukan pemecatan terhadap yang bersangkutan.

"Saya ikut keputusannya saja," kata Gibran Rakabuming Raka, saat di Alila Hotel, Rabu (29/6/2022), dikutip via Kompas.com.

Tindak pemecatan ini tetap dilaksanakan BPTB, meskipun dalam dari hasil klarifikasi dan asesmen, BP mengaku baru pertama kali melakukan pungli dan telah meminta maaf.

"Kalau salah ya salah. Ra usah kakean alasan (jangan banyak alasan)," tegas Gibran.

Seperti yang diberitakan Tribunnews.com video pungli menjadi bahan perbincangan setelah diunggah akun TikTok @ingatnafas.

Pada awal rekaman ada seorang petugas berseragam terlihat memeriksa sejumlah kertas yang diduga dokumen kelengkapan perjalanan.

Di dekat petugas berseragam ada pria lain berseragam seperti karyawan Perusahaan Otobus (PO) berwarna ungu.

Keduanya kemudian melakukan praktik pungli salam tempel dengan menyembunyikan tangan di balik kertas yang dibawa petugas.

Baca Juga: Masa Jabatan Presiden Jokowi Hampir Berakhir, Iriana Jokowi Sudah Mulai Kemasi Barang di Istana Negara, Gibran Rakabuming: Sebagian Sudah Dikirim ke Solo