Find Us On Social Media :

Beredar Video Hewan Kurban Sapi Mengeluarkan Air Mata Sebelum Disembelih, Benarkan Ini Tanda Sapi Sedang Sedih? Dosen Kedokteran Hewan Berikan Penjelasannya

By Lina Sofia, Selasa, 12 Juli 2022 | 08:42 WIB

ilustrasi sapi kurban

GridPop.ID - Momen Idul Adha baru-baru ini, banyak beredar video seputar hewan kurban, baik sapi maupun kambing.

Dari video seputar hewan kurban, ada salah satu video cukup menarik perhatian banyak orang yakni video sapi mengeluarkan air mata seperti menangis sebelum disembelih.

Banyak yang akhirnya mengait-ngaitkan sapi mengeluarkan air mata dengan air mata kesedihan.

Lantas benarkah sapi mengeluarkan air mata tanda emosi atau sedih saat akan disembelih?

Dilansir dari Kompas.com, Dosen Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Gadjah Mada, Slamet Raharjo menjelaskan, air mata pada sapi yang akan disembelih tidak ada kaitannya dengan air mata kesedihan.

Menurut Slamet, air mata itu bisa berasal dari proses pengiriman si sapi dari penjual ke pembeli, atau dari pembeli ke lokasi penyembelihan menggunakan kendaraan.

"Air mata pada sapi kurban biasanya akibat saat transportasi terpapar asap, debu, dan lain-lain.

Itu respon fisiologis, pertahanan tubuh untuk membuang benda-benda halus yang menempel pada mata," jelas Slamet kepada Kompas.com, Sabtu (9/7/2022).

Sebaliknya, sapi yang tidak dikirimkan menggunakan transportasi, biasanya tidak akan mengeluarkan air mata.

Baca Juga: GEGER! Sapi Kurban Milik Wapres Ma'ruf Amin Seberat 1 Ton Sempat Terperosok Dalam Got hingga Alami Patah Kaki, Damkar Sampai Ikut Turun Tangan Lakukan Evakuasi

Sebelum disembelih, apakah sapi bisa merasakan emosi dan menunjukkannya dalam bentuk "menangis"?

Terkait hal itu, Slamet menjawab bahwa anggapan sapi mengeluarkan air mata karena sedih atau tahu akan disembelih adalah tidak benar.