Find Us On Social Media :

Pedagang Makin Pusing! Harga Sembako Telur Ayam Melonjak Naik hingga Cetak Rekor Tertinggi Dalam Sejarah Rp 31 Ribu per Kg, Ternyata Ini Biang Keroknya

By Lina Sofia, Senin, 22 Agustus 2022 | 17:02 WIB

Harga sembako telur ayam

GridPop.ID - Belakangan harga sembako telur ayam alami kenaikan yang cukup signifikan.

Seorang Ketua Paguyuban Peternak Rakyat Indonesia (PPRN) menyebut salah satu alasan mengapa harga sembako telur ayam naik adalah karena adanya program Bansos dari pemerintah yang sengaja dimanfaatkan oleh oknum untuk menaikan harga.

Lantas, benarkah begitu?

Harga sembako telur ayam di Toko Sembako Pasar Ciputat, Tangerang Selatan, merangkak naik setelah 17 Agustus 2022 dan kini sudah diharga Rp30.000 per kilogram.

Salah seorang penjaga Toko Sembako, Wahid mengatakan, pada awal Agustus harga sembako telur ayam relatif masih stabil.

Namun dalam beberapa Minggu terakhir, harga komoditas tersebut merangkak naik cukup signifikan.

"Sekarang harga per kilogram Rp30.000. Sebelumnya harganya (2 minggu yang lalu) cuma Rp25.000 per kilogram, terus lama-lama naik (secara bertahap) jadi Rp30.000," ucap Wahid dikutip dari TribunBisnis, Senin (22/8/2022).

Berdasarkan informasi yang diperoleh, kata Wahid, naiknya harga komoditas pangan tersebut terimbas dari mahalnya harga pakan untuk ayam petelur.

"Katanya sih harga pakan buat ayam mahal. Jadi harga telurnya ikut-ikutan jadi naik," tukasnya.

Baca Juga: Daya Beli Masyarakat Turun Drastis Imbas Harga Sembako Telur Ayam Naik, Distributor Kesulitan Jual ke Pasaran, Dari 40 Peti Kini hanya 20 Peti per Hari!

Lain halnya dengan di Pasar, harga sembako telur ayam di warung-warung justru dibanderol lebih mahal, yakni Rp31.000 per kilogram.

Diketahui, harga sembako telur ayam di level warung sudah tinggi sejak seminggu ke belakang.