Find Us On Social Media :

Tips Hidup Sehat: Manfaat di Balik Berkumur dengan Air Garam yang Wajib Diketahui, Salah Satunya Mampu Mencegah Munculnya Plak Gigi

By Ekawati Tyas, Jumat, 9 September 2022 | 10:32 WIB

Ilustrasi berkumur dengan air garam

GridPop.ID - Tak banyak orang tahu bahwa kumur dengan air garam memilki banyak manfaat.

Salah satu manfaat di balik kumur dengan air garam yaitu dapat menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Wah, kok bisa ya?

Melansir Medical News Today via Tribun Health, sebenarnya berkumur dengan air garam tak serta-merta membunuh semua bakteri yang ada di mulut dan tenggorokan.

Tapi, larutan garam dapat membawa kuman yang terselip di sela-sela gusi, gigi, dan tenggorokan ke permukaan.

Jika kuman dibawa ke permukaan, maka dapat lenyap ketika bekas kumur larutan air garam dibuang dari mulut.

Nah, berikut ini adalah tips hidup tentang manfaat kumur air garam bagi kesehatan mulut yang dilansir dari Kompas Health.

- Menghentikan Pertumbuhan Bakteri di Mulut

Berkumur menggunakan air garam dapat membantu dalam menghilangkan bakteri yang bersarang di gusi, sehingga mencegah penumpukan plak dan karang gigi, melansir dari Medical News Today.

Baca Juga: Harga BBM Naik hingga Bikin Panik, Begini Tips Hidup Cermat Atur Keuangan Agar Kantong Tak Jebol, Salah Satunya dengan Kurangi Pengeluaran untuk Foya-foya

Hal serupa juga ditemukan oleh penelitian dari India yang terbit pada Journal of Indian Society of Pedodontics and Preventive Dentistry pada 2017.

Berkumur dengan air garam, berdasarkan penelitian tersebut jika dilakukan secara reguler terbukti efektif menghentikan penumpukan plak.