Find Us On Social Media :

Bisa Bahayakan Nyawa Seisi Rumah, Tolong Jangan Lagi Sajikan Udang Dengan Deretan Makanan dan Minuman Ini, Efeknya Ngeri Jika Ngeyel!

By Luvy Octaviani, Sabtu, 10 September 2022 | 05:22 WIB

Ilustrasi udang

GridPop.ID - Udang menjadi salah satu makanan yang baik untuk tubuh.

Dilansir dari oleh kompas.com dari Science Daily, bagian keras udang, yaitu kepala, kulit dan ekornya, mengandung senyawa bernama chitosan.

Senyawa ini bisa digunakan untuk menurunkan kolesterol dalam darah dan melawan obesitas.

Hal ini berdasarkan studi Wiley-Blackwell yang diterbitkan dalam jurnal Clinical and Experimental Pharmacology and Physiology.

Pemimpin studi, Dr Shahdat Hossain dari Departement of Biochemistry and Molecular Biology dari Universitas Jahangimagar menguji kandungan yang ada di dalam kulit keras yang menyelimuti daging udang.

Kemudian ia mengamati efek chitosan, kandungan di dalam kulit udang tersebut, yang diberikan pada tikus sebagai obyek kelinci percobaan.

Hossain mengamati kondisi berat badan tikus dan kandungan lemak jenuh di dalam tubuh tikus setelah diberi chitosan.

Dalam studi tersebut didapatkan bahwa pemberian chitosan bisa mereduksi level lemak pada tikus dan menurunkan berat badan tikus secara signifikan.

Dalam studi lebih dalam, pemberian chitosan dalam bentuk suplemen bisa menaikkan kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat dalam darah tikus.

Dari penelitian di atas, para ahli yakin bahwa mengonsumsi kulit udang secara teratur bisa membantu mengatasi masalah kolesterol tinggi dan menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

Meski memiliki banyak manfaat, rupanya udang tak bisa disajikan dengan sembarangan makanan dan minuman.

Baca Juga: Ratu Elizabeth II Meninggal Dunia, Warga Inggris Dihebohkan dengan Munculnya Fenomena Alam yang Tak Biasa Ini di Istana Buckingham, Begini Penampakannya