Find Us On Social Media :

Kakak Asuh Ferdy Sambo Punya Power Luar Biasa hingga Bisa Ringankan Hukuman? Ini Faktanya

By Arif B, Minggu, 18 September 2022 | 21:02 WIB

Ferdy Sambo saat rekonstruksi.

GridPop.ID - Banyak rahasia Ferdy Sambo yang masih belum diketahui publik.

Termasuk sosok kakak asuh Ferdy Sambo yang dikabarkan punya power luar biasa untuk meringankan hukuman suami PC (Putri Candrawathi) tersebut.

Hal ini disampaikan penasihat ahli Kapolri yang juga Guru besar politik dan keamanan dari Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung, Prof Muradi.

Istilah kakak asuh sendiri merujuk pada anggota Polri, baik yang sudah pensiun atau masih menjadi petinggi di institusi Bhayangkara.

Prof Muradi mengungkap adanya sosok kakak asuh yang mencoba membantu mantan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo agar divonis ringan dalam kasus pembunuhan Brigadir J.

"Keterlibatan (dalam kasus Brigadir J) tadi kan ada tiga. Pelaku langsung, orang yang terlibat langsung, dan orang yang tidak terlibat langsung tapi ikut di dalamnya," kata Muradi, dikutip dari Tribunnews.com.

"Bisa jadi kakak asuh itu adalah yang ketiga. Kakak asuh ini adalah yang tidak terlibat langsung, tapi kemudian ikut merancang, ikut mendorong," tambahnya.

Sebelumnya, dikutip dari Kompas.com, dugaan kekerasan seksual yang dialami Putri Candrawathi dinilai bisa meringankan hukuman yang akan diterima oleh suaminya, Irjen Ferdy Sambo.

Adapun berdasarkan hasil rekonstruksi kasus pembunuhan Brigadir J, Ferdy Sambo diketahui merencanakan pembunuhan setelah mendapat cerita pelecehan seksual yang terjadi di Magelang.

Jika skenario itu benar ada, kemungkinan penilaian hakim melihat Ferdy Sambo melakukan pembunuhan dengan spontanitas dan bukan direncanakan.

Baca Juga: Putri Candrawathi Buka Rekening Pakai Nama Brigadir J dan Bripka RR, Pakar Curiga Ada Tindak Pencucian Uang: Modusnya Seperti Ini

Dengan pertimbangan spontan itu, lanjutnya, Ferdy Sambo bisa jadi terlepas dari jerat Pasal 340 Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP) tentang pembunuhan berencana.