Find Us On Social Media :

Pantas Harga Sembako Telur Masih Tinggi di Rp 28 Ribu per Kg, Ketua Bapans Bongkar Penyebabnya: Jangan Sampai Kayak Kemarin!

By Arif B, Senin, 31 Oktober 2022 | 16:22 WIB

Update harga telur ayam.

GridPop.ID - Harga sembako telur ayam ras masih tinggi di kisaran Rp 28 ribu per kilogramnya.

Melansir dari Kompas.com, kenaiakan harga ini terjadi sejak Agustus 2022 lalu.

"Pada kelompok bahan makanan kan di Agustus ini masih deflasi ya. Sementara ada 2 komoditas yaitu beras dan telur ayam ras ini yang mengalami inflasi di Agustus 2022," ujarnya saat konferensi pers, Kamis (1/9/2022).

Namun di antara komoditas yang mengalami kenaikan harga tersebut, BPS paling mencermati pergerakan harga beras dan telur ayam ras.

Tidak heran jika belakangan ini harga telur jadi perhatian publik karena harganya tak kunjung normal.

Berdasarkan data Pusat informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) Nasional, harga telur ayam ras saat ini Rp 28.400 per kilogram (kg).

Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi menjelaskan penyebab kenaikan harga telur karena ada keseimbangan harga baru yaitu Rp 27.000 per kg.

"Karena, selisih antara farm gate dengan masyarakat yaitu Rp. 4.000 - 5.000. Jangan sampai kita tekan harga ayamnya, kemudian peternak demo di depan istana seperti kemarin," jelas Arief dalam Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah, dikutip dari Kontan.co.id, Minggu (30/10).

Arief menjelaskan pemerintah telah menetapkan keseimbangan hulu - hilir pangan melalui penetapan Harga Acuan Pembelian atau penjualan (HAP) jagung, telur dan ayam.

Baca Juga: Harga Sembako Minyak Goreng Paling Murah se-Indonesia, Merek Ini 2 Liter Cuma Rp 20 Ribuan, Buruan Serbu!