Find Us On Social Media :

Lolos Seleksi Kartu Prakerja? Ini Batas Waktu Pembelian Pelatihan hingga Besaran Insentifnya

By Luvy Octaviani, Jumat, 11 November 2022 | 06:02 WIB

Ilustrasi kartu Prakerja

GridPop.ID - Kartu prakerja merupakan program bantuan pelatihan untuk meningkatkan kompetensi angkatan kerja di Indonesia baik dalam konteks skilling, reskilling, dan upskilling.

Program Kartu Prakerja bertujuan untuk mengembangkan kompetensi angkatan kerja, meningkatkan produktivitas dan daya saing angkatan kerja, serta mengembangkan kewirausahaan.

Dilansir dari laman kompas.com, peserta program Kartu Prakerja yang dinyatakan lolos seleksi diwajibkan untuk mengikuti pelatihan.

Saldo pelatihan akan diberikan sebesar Rp 1 juta, yang bisa digunakan untuk membeli atau membayar pelatihan di platform digital seperti Tokopedia, Bukalapak, Pintar, Karier.mu, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), dan Pijar.

Peserta dapat mengikuti lebih dari satu pelatihan dengan memanfaatkan saldo bantuan yang diberikan tersebut.

Saldo pelatihan ini diberikan secara non-tunai dan tidak bisa diuangkan.

Batas waktu pembelian pelatihan Kartu Prakerja

Pembelian pelatihan pertama diberikan waktu maksimal 30 hari setelah mendapatkan pemberitahuan ditetapkan sebagai penerima Kartu Prakerja.

Apabila melebihi batas waktu tersebut, maka Kartu Prakerja akan dinonaktifkan dan peserta tidak bisa mengikuti kembali program ini.

Jika melebihi 30 hari dan belum melakukan pembelian pelatihan, akan dilakukan penonaktifan atau pencabutan kepesertaan.

Saldo bantuan pelatihan akan hangus dan dikembalikan ke rekening dana Kartu Prakerja.

Baca Juga: VIRAL Video Kemesraan Gisel Durasi 15 Detik dengan Pacar Baru, Gading Kepergok Foto Pelukan Mesra dengan Artis Cantik Ini