Find Us On Social Media :

Hanya Dihadiri Keluarga Inti, Kaesang Pangarep Bakal Jalani Prosesi Siraman, Ini Dia 7 Sumber Mata Air yang Digunakan

By Lina Sofia, Selasa, 6 Desember 2022 | 14:22 WIB

Kaesang Pangarep dan Erina Gudono

GridPop.ID - Calon pengantin Kaesang-Erina bakal menjalani prosesi siraman.Dalam prosesi adat siraman Kaesang Pangarep, rupanya air yang digunakan akan diambil dari tujuh sumber mata air.Lantas dari mana saja 7 sumber mata air yang digunakan?Sebelum itu mengutip Kompas.com, prosesi siraman KAesang-Erina akan dilaksanakan di kediaman Sumber, Kecamatan Banjarsari, Solo, Jawa Tengah.Juru bicara pernikahan Kaesang-Erina, Gibran Rakabuming Raka mengatakan, acara siraman ini hanya diikuti keluarga inti."Ada (prosesi siraman). Hari Jumat jam 9," kata Gibran di Solo, Jawa Tengah, Senin (5/12/2022). Menurut Gibran prosesi siraman ini tidak dihadiri tamu undangan. Hanya keluarga inti yang akan mengikuti acara siraman."Tidak ada yang undangan. Cuma keluarga inti. Nak siraman keluarga inti tok," ungkap dia.Kini persiapan jelang pernikangan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono sudah mulai dirampungkan.Gibran mengatakan pihaknya telah mempersiapkan air yang digunakan untuk siraman Kaesang.

Baca Juga: Kaesang Pangarep Dipingit, Jokowi Keluhkan Kelakuan Putra Bungsunya Jelang Pernikahan: Tadi Saya Telepon

Dilansir oleh Kompas TV dari Tribun Solo, Selasa (6/12/2022), ketujuh sumber air itu di antaranya terletak di Masjid Agung, Al Wustho Solo, dari wilayah Pengging, rumah orang tua Jokowi, Boyolali, mata air Keraton Kasunanan, Pura Mangkunegaran, dan rumah kediaman keluarga Presiden Jokowi di Sumber, Banjarsari.Gibran mengatakan pada pernikahannya dahulu, ia juga menggunakan ketujuh sumber mata air tersebut.Gibran menyebut seluruh saudara kandung Jokowi dan Iriana juga akan ikut menyiram Kaesang."Yang nyirami yang sudah pernah mantu. Jadi nanti pakde dan budhe semuanya karena mereka sudah pernah mantu," ujar Gibran, Senin (5/12/2022).Adapun prosesi siraman Erina Gudono sebagai mempelai wanita akan dilaksanakan di kediamannya di Jalan Lombok, Purwosari, Desa Sinduadi, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman, Yogyakarta."Siraman, yo ora oleh dadi siji. Siraman kan di rumahe dewe-dewe. Siraman dewe-dewe," ujarnya.Siraman akan dilakukan satu orang sebanyak tujuh kali. Besoknya acara siraman di Sumber, Solo, Jawa Tengah, Jumat (9/12) pagi dilakukan secara tertutup."Keluarga inti saja, enggak ada tamu dari luar keluarga," lanjutnya.Usai acara siraman tersebut dilakukan, prosesi akan dilanjutkan dengan pengajian dan malam midodareni."Internal keluarga juga, tak mengundang tamu," bebernya.Kini terungkap detail persiapan pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono.Baca Juga: Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono Gunakan Konsep Sederhana, Tak Digelar di Graha Saba Buana Karena Alasan IniKaesang-Erina diketahui memakai pakaian adat Jawa yang sederhana dan elegan.Dilansir dari Grid.ID, Pemilik WO Pengantin Production, Dani Wigung, mengungkap konsep pernikahan Kaesang dan Erina menggunakan adat Jawa, dibalut dengan konsep yang sederhana namun elegan."Kalau ini konsep elegan sederhana tapi tetap anggun," jelasnya saat ditemui usai rapat dengan Presiden Joko Widodo, keluarga dan para menteri di The Soga Eatery, Minggu (4/11/2022), mengutip TribunSolo.com.Ia pun bersyukur semua persiapan sesuai jadwal yang telah direncanakan. Dani melaporkannya ke pihak keluarga."Panitia diundang untuk melaporkan segala persiapan di Jogja maupun di Solo. Alhamdulillah semua on schedule," jelasnya.Para Menteri Kabinet Indonesia Maju terlibat langsung sebagai penanggung jawab perhelatan ini.Di antaranya, Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri BUMN Erick Thohir.

Baca Juga: Presiden Jokowi Buka-bukaan soal Persiapan Pernikahan Kaesang-Erina, Minta Maaf Jika Nanti Buat Macet & Ganggu Warga

GridPop.ID (*)