Find Us On Social Media :

Tips Hidup Cegah Gigitan Nyamuk DBD di Kala Musim Hujan, Kenali Juga Golongan Darah yang Kerap Jadi Incaran para Nyamuk

By Lina Sofia, Senin, 2 Januari 2023 | 12:32 WIB

Ilustrasi nyamuk DBD

GridPop.ID - Tips hidup cegah gigitan nyamuk di musim hujan.Nyamuk banyak berkembang biak dimusim hujan, ini dia tips hidup cegah nyamuk demam berdarah dengue dan malaria.Dimusim hujan, jumlah perkiraan perkembangan nyamuk mengalami peningkatan.Sebelum itu golongan darah tertentu ternyata dikaitkan dengan risiko paling besar digigit nyamuk -di samping bau badan dan suhu tubuh. Mengutip Kompas.com, untuk mengetahui hubungan antara nyamuk dan golongan darah, peneliti sempat melakukan studi yang hasilnya dipublikasikan ke Journal of Medical Entomology. Studi yang digelar tahun 2004 silam tersebut mendapati temuan bahwa orang yang mempunyai golongan darah O lebih mungkin digigit oleh nyamuk daripada golongan darah A, B, maupun AB. Golongan darah O memiliki persentase digigit nyamuk sebesar 83 persen, sementara golongan darah A menjadi golongan darah yang paling tidak disukai serangga penghisap darah tersebut. Di samping golongan darah, peneliti juga mendapati fakta bahwa faktor lain menyebabkan orang lebih mudah dan sering digigit nyamuk.Dilansir dari Tribun Batam, anda bisa melakukan sejumlah tips hidup cegah gigitan nyamuk saat musim hujan berikut ini:1. KemangiDilansir dari Times of India, kemangi bisa mengusir nyamuk. Anda bisa menanam daun kemangi di rumah atau meletakkan beberapa daun kemangi di rumah. Minyak daun kemangi yang sudah diekstrak juga efektif menangkal gigitan nyamuk.

Baca Juga: Tips Hidup dengan Kesehatan Mental yang Baik, Lakukan Deretan Pola Hidup Sehat Ini2. PeppermintPeppermint terkenal dengan rasa dan aroma yang segar. Minyak yang diekstrak dari daun peppermint juga dapat mencegah gigitan nyamuk. Oleskan minyak ini ke beberapa area tubuh agar nyamuk tak mendekat. 3. SeraiAroma serai juga dapat mencegah nyamuk.Anda juga bisa menggunakan minyak yang sudah diekstrak dari serai.4. Bawang putihNyamuk juga tak suka dengan aroma bawang putih.Anda bisa mengonsumsi bawang putih atau menempatkannya di rumah agar nyamuk tidak menggigit.5. Kenakan pakaian terangStudi menunjukkan, nyamuk cenderung lebih senang mendekat pada sesuatu yang cenderung berwarna gelap. Oleh karena itu, gunakanlah pakaian terang untuk mencegah gigitan nyamuk. Jika keluar rumah, gunakan pakaian yang tertutup untuk mengurangi risiko gigitan nyamuk. Selain itu, nyamuk lebih aktif di pagi dan sore hari.

Baca Juga: Tips Hidup Usir Lalat yang Berkeliaran di Rumah, Jangan Sampai si Serangga Ini Membawa Bakteri Berbahaya untuk Kesehatan!

Anda bisa membatasi kegiatan di waktu-waktu ini untuk mencegah gigitan nyamuk.

Baca Juga: Tips Hidup Hilangkan Benjolan Ambeien dengan Aman Tanpa Operasi, Nomor 4 Dijamin Ampuh Redakan Pembengkakan

GridPop.ID (*)