Find Us On Social Media :

Tips Hidup Hilangkan Bau Menyengat Tempat Sampah, 4 Bahan Ini Dijamin Bisa Menyerap Bau

By Lina Sofia, Sabtu, 28 Januari 2023 | 06:02 WIB

Tips hidup menghilangkan baru menyengat dari tempat sampah

GridPop.ID - Tips hidup menghilangkan bau menyengat dari tempat sampah.Bau sampah kerap tertinggal meski sudah dibuang, ini tips hidup cara menghilangkan bau menyengat tempat sampah.Siapapun tidak bisa berharap tempat sampah berbau harum, maka ini tips hidup untuk menghilangkan bau menyengat cukup dengan bahan alami ini.Dilansir artikel Tribun Batam dari laman  The Spruce, berikut sejumlah bahan yang dapat menghilangkan bau dari tempat sampah. -Baking soda Baking soda bekerja sangat baik mencegah bau di tempat sampah.Untuk memanfaatkannya, taburkan baking soda di bagian bawah tempat sampah atau langsung ke tempat sampah untuk membantu menyerap bau.Kegunaan lain, baking soda dapat digunakan untuk menggosok tempat sampah guna menghilangkan bau yang meresap ke dalamnya. Caranya, tambahkan 59 mililiter baking soda ke dalam tempat sampah pada pagi hari.Ini bisa menyerap bau dari dalam tempat sampah saat membawanya keluar rumah. -PemutihDisinfektan terkadang dibutuhkan untuk menghilangkan kuman dan bau.Meski memiliki baumenyengat, pemutih dapat membunuh kuman yang penyebab bau di tempat sampah.Namun, perlu berhati-hati menggunakan pemutih saat membersihkan tempat sampah karena bisa merusak lapisan kaleng.Selain itu, jaga area tempat Anda menggunakan pemutih berventilasi baik guna menghindari konsentrasi asap.

Baca Juga: Tips Hidup: Cara Sederhana Hilangkan Bau Lumpur Pada Ikan Gurame, Dijamin Berhasil!

Sebaiknya, menggunakan pemutih sangat encer.Tambahkan 56 mililiter pemutih ke dalam tiga liter air hangat untuk membersihkan tumpahan dan bau tempat sampah yang membandel. -Pasir kucingMeletakkan pasir kucing di bagian bawah tempat sampah dapat mencegah kelembapan dan bau sampah masuk ke rumah.Pasir kucing menyerap bau dan cairan serta meninggalkan aroma segar di sekitar tempat sampah.Setelah seminggu atau saat pasir kucing menjadi lembap, buang dan tambahkan lagi.  -Lembaran pengeringLembaran pengering pakaian dapat digunakan untuk menyerap bau dari tempat sampah.Caranya, letakkan lembar pengering ke tempat sampah. Anda bisa menggunakan lembaran pengering lama. Apabila tempat sampah memiliki bau sangat buruk, tambahkan lembar pengering baru dan tidak terpakai untuk menyerap dengan cepat serta memberi kesegaran. Jika sampah rumah tangga anda ingin bermanfaat, ini ada tips mengolah sampah rumah tangga agar bisa dijadikan pupuk kompos.Dilansir dari artikel Kompas.com, berikut ini cara mengolah sampah organik menjadi pupuk kompos. Bahan pembuatan pupuk kompos: -Sampah organik. -Serbuk gergaji, tanah, atau pupuk kandang.

Baca Juga: Tips Hidup Buat Para Bunda! Berikut Cara Masak Daun Singkong Agar Warnanya Tetap Hijau Cantik Ala Rumah Makan Padang

-EM4 atau efektif mikroorgansme 4 (sejenis larutan yang mengandung bakteri menguntungkan). -Air. Cara membuat pupuk kompos dari sampah organik: -Cacah sampah organik hingga berukuran kecil.

-Tambahkan kompos jadi, tanah, pupuk kandang atau serbuk gergaji sebagai inokulan.

-Larutkan EM4 dengan air, kemudian tuangkan ke wadah berisi campuran bahan kompos, lalu aduk hingga rata.

-Masukkan semua bahan ke dalam wadah pengomposan, tutup rapat.

-Aduk seminggu sekali agar proses aerasi dalam wadah berjalan lancar.

-Jika suhu naik selama pengomposan, artinya mikroorganisme sedang bekerja.

-Suhu akan kembali normal pada minggu ketujuh atau kedelapan saat pengomposan selesai, pupuk kompos pun siap dipakai.

-Kompos yang baik akan menghasilkan warna cokelat kehitaman, berbau tanah, dan berbutir halus.