Find Us On Social Media :

Tak Kalah dari Makanan Manis, Ternyata Deretan Buah-buahan Ini Mengandung Gula Tinggi, Tolong Jangan Berlebihan!

By Lina Sofia, Jumat, 20 Januari 2023 | 13:32 WIB

Buah-buahan ini ternyata punya kandungan gula tinggi

GridPop.ID - Siapa sangka, ada beberapa buah yang ternyata mengandung gula tinggi.Rupanya makanan seperti buah juga mengandung gula yang tak kalah tinggi dari makanan manis seperti cokelas susu, permen, kue, es krim.Untungnya, buah tetap bisa menjadi cara sehat untuk mengonsumsi gula. Terlebih lagi, buah kaya akan vitamin dan tinggi serat, sehingga dapat melancarkan pencernaan.“Saya tidak mau orang-orang takut akan gula dalam buah, karena gula ini adalah gula alami, Tubuh pun memprosesnya dengan cara yang berbeda, tidak seperti memproses gula pada kue," ujar ahli diet bersertifikat Beth Czerwony, RD, sebagaimana dikutip dari Cleveland Clinic.Kendati demikian, itu tidak berarti kita bisa memakan buah berlebihan. Sebab, gula tetap gula, yang bisa memicu berbagai masalah kesehatan jika dikonsumsi dalam jumlah tinggi.

Mengutip artikel Tribun Kesehatan, konsumsi gula harian sudah semestinya dibatasi.Lantas, berapa batas aman konsumsi gula harian setiap orang?Terkait hal ini dokter spesialis gizi klinik RS Pondok Indah - Pondok Indah dr Juwalita Surapsari MGizi SpGK.Menurutnya batasan konsumsi gula seseorang dalam sehari menurut rekomendasi Kementerian Kesehatan dalam Permenkes Nomor 30 Tahun 2013 adalah 10 persen dari total energi yang dibutuhkan atau 200 kilokalori per hari."Ini artinya konsumsi gula seseorang dalam sehari maksimal 50 gram per hari atau setara 4 sendok makan," ungkapnya pada keterangan resmi, Minggu (25/12/2022).

Baca Juga: Innalillahi, Sipon Istri Wiji Thukul Meninggal Dunia karena Serangan Jantung, Sempat Punya Riwayat Penyakit Ini hingga Kakinya DiamputasiLantas, apa saja buah tinggi gula tersebut? Dilansir dari artikel Kompas.com, berikut daftar beberapa jenis buah dengan kandungan gulanya, agar kita bisa memutuskan mana yang cocok untuk kebutuhan.ApelSebuah apel besar mengandung 25,1 gram gula, sama seperti cokelat susu merk Hershey's.Namun, mayoritas gula dalam apel adalah fruktosa atau "gula buah" yang biasanya tidak menyebabkan gula darah atau kadar insulin melonjak tinggi seperti gula lainnya seperti glukosa atau sukrosa.Selain itu, apel juga kaya akan serat, yang dapat membantu mendorong proses metabolisme, sehingga mencegah kadar gula dan insulin dalam darah meningkat drastis.Lalu jika ingin membatasi asupan gula dari apel, sebaiknya konsumsi apel hijau. Pasalnya, penelitian menunjukkan bahwa apel hijau lebih rendah gula.

PisangPisang mengandung gula dengan total 15,4 gram per satu pisang, sama dengan donat berlapis gula cair.Kadar gula dalam pisang pun akan meningkat seiring dengan kematangan buah.Untuk itu, Czerwony menyarankan agar kita mengonsumsi pisang berukuran kecil jika ingin mengurangi gula, bukan pisang besar yang setara dengan dua porsi pisang.CeriSatu cangkir ceri mengandung 19,7 gram gula, sama dengan satu bar Snicker ukuran reguler.Meski lezat dan membuat kita sulit berhenti memakannya, Czerwony mengingatkan agar kita tidak mengonsumsi buah ini terlalu banyak demi alasan kesehatan.

Baca Juga: Tips Hidup Sehat: 4 Kebiasaan Sehari-hari untuk Mengurangi Kebiasaan Konsumsi Gula Berlebih, Dijamin Kecanduan Manis Sirna!Anggur

Sama seperti ceri, anggur pun merupakan buah yang mudah dikunyah dan lezat. Namun, karena secangkir anggur mengandung 14,9 gram gula, tentu kita perlu memperhatikan porsinya jika ingin membatasi asupan gula.ManggaSatu buah mangga utuh memiliki kandungan gula yang cukup tinggi, yaitu 46 gram.Untuk itu, selain membatasi jumlahnya, Czerwony menyarankan agar kita memadukan mangga atau buah bergula lainnya dengan protein, seperti yogurt Yunani rendah lemak, yang dapat membantu memperlambat pelepasan gula ke dalam darah.JerukMeski serat dalam jeruk dapat membantu mengatasi pelepasan gula ke dalam darah, sebenarnya sebuah jeruk besar mengandung sekitar 17,2 gram gula.Jadi jika ingin mengonsumsi jeruk, sebaiknya kita memakan buahnya, bukan menyulapnya menjadi jus jeruk. Pasalnya, kadar gula dalam jus jeruk akan lebih terkonsentrasi.PirSatu buah pir berukuran sedang mengandung 17,4 gram gula, setara dengan cinnamon roll besar.

Sebenarnya, mayoritas gula dalam pir sendiri adalah fruktosa. Namun, untuk mendapatkan manfaat dari fruktosa dan serat dalam pir, kita perlu mengonsumsi langsung buahnya.Pasalnya, pir kaleng sudah ditambahkan dengan sirup gula, yang mengurangi manfaat positifnya dan meningkatkan kadar gula darah.NanasNanas memang manis dan lezat. Namun, kadar gula di dalam satu cangkir potongan nanas cukup tinggi, yaitu 16,3 gram, setara dengan satu potong pai ceri.Kandungan gulanya pun bisa meningkat jika buah ini dibuat menjadi jus, dikeringkan, atau disajikan dengan sirup gula. Karena itu, kita perlu memperhatikan konsumsinya.SemangkaBuah yang mengandung gula lainnya adalah semangka, dengan total 9,42 gram per satu cangkirnya, sama dengan sebuah kukis chocolate chip berukuran sedang.Untungnya, semangka rendah karbohidrat, membuatnya tidak terlalu meningkatkan kadar gula darah.

Baca Juga: TIPS Diet Wulan Guritno yang Bikin Wajah Bebas Kerutan di Usia 41 Tahun, Kuncinya Cukup Tak Konsumsi Makanan Favorit Sejuta Umat Ini

GridPop.ID (*)