Find Us On Social Media :

Beli Token Listrik Pakai LinkAja Terus-terusan Gagal? Cek Penyebab hingga Solusinya Berikut Ini

By Ekawati Tyas, Jumat, 3 Februari 2023 | 18:22 WIB

Cara mengatasi gagal isi token listrik di LinkAja

GridPop.ID - Apakah kamu mengalami kendala saat beli token listrik pakai LinkAja?

Atau kamu takut saldo hilang jika proses pembelian token listrik lewat LinkAja terus gagal.

Tenang saja, permasalahan tersebut ada solusinya kok!

Melansir Kompas.com, cara beli token listrik pakai LinkAja sebenarnya mudah loh, berikut langkah-langkahnya:

- Buka aplikasi LinkAja- Di halaman utama pilih menu Listrik, lalu pilih Token Listrik- Pilih denom yang diinginkan- Masukkan ID Pelanggan, kemudian klik Lanjut- Tinjau dan konfirmasi transaksi, kemudian klik konfirmasi- Transaksi pembelian token listrik telah selesai lalu vek menu Riwayat untuk mendapatkan kode token listrik.

Setelah langkah-langkah di atas selesai dilakukan, masukkan kode token listrik ke meteran dan pastikan terinput dengan benar.

Baca Juga: Anti Ribet! Cara Pasang Baru Indihome via LinkAja Ternyata Semudah Ini

Akan tetapi, bagaimana jika pembelian token listrik selalu gagal?

Cara Mengatasi Gagal Beli Token Listrik di LinkAja

Melansir laman resmi linkaja.id via GridFame.ID, di bawah ini merupakan penyebab sekaligus cara mengatasi gagal beli token listrik di LinkAja.

- Cek Ulang Nomor Token

Kesalahan yang sering terjadi yaitu salah input nomor token.

Maka dari itu, pastikan nomor token diinput dengan benar.

Hal tersebut perlu dilakukan demi menghindari gagal isi atau risiko MPB terblokir jika 3 kali berturut-turut salah input token.

- Cek Limit kWh

PLN telah mengatur batas maksimum kWh per bulannya saat pemasangan MPB.

Apabila MPB telah mencapai batas maksimum, input token listrik akan mengalami kegagalan.

Maka dari itu, ketahui limit kWh dengan mencaritahu pada petugas PLN.

Baca Juga: Penyelamat Tercepat saat Mendadak Mati Lampu! Begini Cara Beli Token Listrik Pakai LinkAja dan OVO

- Cek Jaringan Server PLN

Gagal isi token dapat disebabkan karena kondisi jaringan server PLN mengalami gangguan.

Penyebab gangguan tersebut yaitu karena koneksi yang tidak stabil atau sedang dilakukan pemerliharaan sistem oleh PL.

Jika situasi ini terjadi, maka tunggulah sampai jaringan server PLN pulih.

Saat ingin mengisi token listrik, pastikan terlebih dahulu jaringan server ini dalam kondisi normal dan tidak ada gangguan.

Umumnya, PLN akan memberikan pengumuman jika server sedang mengalami gangguan atau pemeliharaan sistem.

- Perhatikan Kode Instalasi Listrik

Kondisi instalasi listrik juga perlu diperhatikan saat ingin mengisi token listrik.

Instalasi listrik yang kurang baik atau ada gangguan bisa membuat gagal isi ulang.

Hindari memaksakan input kode token saat situasi ini terjadi, karena bisa menyebabkan korsleting listrik.

Perhatikan pula kondisi MPB-nya, jika terdapat pesan “Blocked” atau lambang telapak tangan, artinya mesin MPB dalam kondisi rusak dan tidak bisa diisi dengan kode token.

Baca Juga: Anti Ribet Langsung Satset! Cara Top Up LinkAja via BSI Net dan BSI Mobile

- Hubungi CS PLN

Apabila semua cara di atas sudah dilakukan, tapi token tetap gagal terisi, maka segera hubungai cs PLN melalui 123.

Selain itu, bisa juga dengan menghubungi cs PLN melalui media sosial resmi PLN atau aplikasi PLN Mobile.

GridPop.ID (*)