Find Us On Social Media :

Redakan Asam Lambung Naik dengan Madu Herbal, Cukup Campurkan 1 Sendok Teh Madu dengan Segelas Air Hangat

By Lina Sofia, Selasa, 28 Maret 2023 | 09:32 WIB

Ilustrasi madu untuk asam lambung

GridPop.ID - Cukup campurkan madu herbal dengan segelas air hangat, asam lambung yang naik bisa teratasi.

Ya, seperti kita tahu bahwa mengonsumsi madu herbal saat puasa sudah banyak dikenal masyarakat untuk meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh.

Beragam kandungan madu herbal juga dipercaya mampu meredakan asam lambung yang naik.

Seperti kita tahu, bagi penderita asam lambung atau GERD penting untuk memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi saat berpuasa.

Agar tak berpotensi meningkatkan asam lambung, bagi penderita GERD harus memperhatikan jenis makanan yang diasupnya.

Dilansir artikel Warta Kota, Dr. Rostikawaty Azizah yakni dokter yang menangani GERD mengungkapkan, aktivitas yang padat, stress, dan pola makan tidak teratur juga menjadi pemicu GERD.

“GERD itu kondisi adanya penurunan fungsi katup lambung yang seharusnya tertutup tetapi katup menjadi terbuka,” ungkap Rostikawaty dalam keterangannya, Senin (27/3/2023).

Ia menambahkan, hal yang membedakan antara dispepsia dan GERD yaitu jika dispepsia permasalahannya terjadi di bawah katup seperti mual dan begah.

“Tapi kalau GERD gangguannya di bagian atas seperti mulutnya pahit, sariawan, bau mulut, nyeri ulu hati, dan sebagainya,” sebutnya.

Rostikawaty kembali mengatakan, pada bulan Ramadan, tentunya para penderita asam lambung seperti GERD memiliki kekhawatiran untuk berpuasa.

Padahal, lanjut Rostikawaty, sebenarnya sudah ada penelitian apakah penderita GERD boleh berpuasa atau tidak, salah satu institusi di Indonesia pernah membuat penelitian dari 130 orang yang sudah terdiagnosa GERD.

Kemudian dibagi dua yaitu menjadi 65 penderita GERD melakukan puasa dan 65 penderita GERD tidak melakukan puasa.

Baca Juga: Cinta Laura Pamer Menu Sahur dan Buka Puasa, Warganet Salfok: Bludak Asam Lambung Gue