Find Us On Social Media :

Mulai dari Hipertensi hingga Stroke, Ini 10 Penyakit yang Timbul Karena Kurang Gerak

By Veronica S,Grid., Minggu, 16 April 2023 | 17:46 WIB

Terkadang dianggap sepele, kurangnya aktivitas fisik selama sehari-hari ternyata bisa membawa dampak yang berbahaya bagi kesehatan.

GridPop.ID - Terkadang dianggap sepele, kurangnya aktivitas fisik selama sehari-hari ternyata bisa membawa dampak yang berbahaya bagi kesehatan.

Jarang aktivitas fisik atau kurang gerak bisa meningkatkan risiko berbagai jenis penyakit serius yang sering kali tidak disadari.

Padahal, aktivitas fisik ringan bisa dilakukan di mana saja termasuk di rumah.

Untuk diketahui, kurang gerak termasuk perilaku sedentari. Menurut Kementerian Kesehatan, sedentari adalah segala jenis kegiatan di luar tidur yang mengeluarkan kalori minim atau kurang dari 1,5 METs.

Contoh sedentari atau kurang gerak di antaranya rebahan atau duduk dalam waktu lama seperti saat menonton TV, main game, sampai duduk terlalu lama saat bekerja atau belajar.

Nah, sebelum menyimak beberapa penyakit yang diakibatkan kurang gerak, ada baiknya Anda mempelajari dulu bagaimana apa yang terjadi jika kita kurang gerak.

Apa yang terjadi ketika kita kurang gerak?

Dilansir dari TheHeartFoundation, tubuh bisa mengalami perubahan keadaan hormon sampai metabolisme ketika kurang bergerak.

Saat kurang bergerak, proses metabolisme lemak dan gula di dalam tubuh jadi ikut melambat.

Baca Juga: Baru Setahun Menjabat, Walikota Bandung Terjerat OTT KPK Terima Suap Rp 924 Juta