Find Us On Social Media :

GEGER Buah Diduga Berformalin yang Nyaris Disantap Jokowi dan Keluarga, Pemkab Mabar Sidak Restoran

By Luvy Octaviani, Kamis, 27 April 2023 | 11:46 WIB

Foto Presiden Jokowi dan Keluarganya saat mengunjungi lokasi pelaksanaan KTT tersebut di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

GridPop.ID - Pemkab Mabar sidak restoran setelah ditemukan buah diduga mengandung formalin serta nyaris disantap oleh Jokowi dan keluarga.

Dilansir dari laman tribunnews.com, Loka POM Manggarai Barat angkat bicara terkait jenis buah yang teridentifikasi mengandung formalin dan nyaris disantap Presiden Jokowi dan keluarga saat di Labuan Bajo.

1. Diketahui saat lakukan pemeriksaan sampel

Kepala Loka POM Manggarai Barat, Andirusmin Nuryadin mengatakan sampel buah berformalin itu ditemukan oleh petugas Loka POM gabungan 3 jam sebelum jadwal makan Presiden.

Andirusmin merahasiakan tempat kejadian dan jenis bahan yang teridentifikasi mengandung formalin tersebut.

2. Harus diuji di Laboratorium

Untuk memastikan makanan tersebut benar mengandung formalin harus dilakukan uji laboratorium.

"Itu hanya sebatas identifikasi, untuk memastikan apa betul ada kandungan berbahaya harus dilakukan uji lanjut di Balai POM di Kupang untuk memastikan.

Kalau setara Presiden ketika ada kandungan berbahaya ya untuk amannya tidak usah dihidangkan, begitu SOP nya," kata Andirusmin, Rabu 26 April 2023.

Saat itu, lanjut dia, pihaknya hanya melakukan pengujian sample terhadap makanan yang akan disantap Kepala Negara dan keluarga, sesuai dengan SOP yang berlaku.

"Selanjutnya diserahkan ke Paspampres untuk mengambil tindakan. Kami hanya lakukan pengujian sample," imbuhnya.

Baca Juga: Dibuat Seniman Asal Bali, Lukisan Jokowi Minum Jamu Dibeli dengan Harga Setara Gaji Presiden, Ini Maknanya