Find Us On Social Media :

Pria Ini Tak Lepas Lensa Kontak Selama 3 Tahun hingga Viral di TikTok, Begini Dampaknya

By Ekawati Tyas, Jumat, 9 Juni 2023 | 16:45 WIB

Viral di TikTok pria tak lepas lensa kontak selama tiga tahun.

GridPop.ID - Viral di TikTok seorang pria tidak melepas lensa kontak selama 3 tahun dan berujung mengalami astigmatisme permanen.

Sebagaimana diketahui bahwa lensa kontak harus segera dilepas sebelum tidur.

Melansir Live Strong via Kompas.com, jika lensa kontak tidak dilepas sebelum tidur maka kemungkinan mata akan terasa kering saat bangun tidur.

"Secara umum, tidur dengan lensa kontak dapat menyebabkan efek samping seperti mata yang merah, gatal, atau iritasi," papar Brian Boxer Wachler, MD, dokter mata dari Boxer Wachler Vision Institute yang berbasis di California.

Efek lainnya, kemungkinan dapat menyebabkan pengelihatan menjadi buram.

Scott Drexler, OD, asisten profesor oftalmologi di Fakultas Kedokteran Universitas Pittsburgh menjelaskan ketika tidur dengan lensa kontak atau memakainya secara berlebihan, seseorang tidak menghasilkan banyak air mata yang menyebabkan kornea kekurangan oksigen.

Hal tersebut akan menyebabkan kornea membengkak dan pengelihatan menjadi kabur.

Tapi bagaimana jadinya jika tidak melepas lensa kontak selama tiga tahun?

Melansir Tribunnews.com, seorang TikToker bernama Doug membagikan pengalamannya yang tak melepas lensa kontak selama tiga tahun.

"Saya memakai sepasang lensa kontak pada tahun 2012 dan saya tidak melepasnya sampai sekitar tahun 2015," kata Doug dalam video yang diunggah di akun TikTok-nya, @catsupwithdoug, yang kini sudah dilihat lebih dari 3 juta kali.

Awalnya Doug enggan membagikan kisahnya saat diwawancara Insider, sebab kejadian tersebut tidak patut dicontoh.

Baca Juga: Tidur dengan Lensa Kontak, Mata Gadis Ini Berubah Mengerikan hingga Terancam Buta Total, Penyebabnya Bikin Tercengang