Find Us On Social Media :

Bisa Sebabkan Susah Hamil, Ini Jenis Gangguan Hormon yang Dialami Wanita Menurut Dokter

By Veronica S,Grid., Kamis, 15 Juni 2023 | 14:47 WIB

Penting dicatat bahwa adanya gangguan hormon bisa mempersulit wanita untuk hamil dan memiliki keturunan.

GridPop.ID - Gangguan hormon bisa menjadi salah satu penyebab wanita susah hamil.

Hormon memiliki peran penting dalam mengatur berbagai fungsi tubuh meski diproduksi dalam jumlah sedikit.

Namun adanya gangguan hormon bisa mempersulit wanita untuk hamil dan memiliki keturunan.

Gangguan hormon pada wanita merujuk pada ketidakseimbangan atau gangguan dalam produksi, regulasi, atau fungsi hormonal dalam tubuh.

Hormon-hormon itu termasuk estrogen, progesteron, testosteron, prolaktin, tiroid, kortisol, dan hormon-hormon lain yang mengatur berbagai fungsi tubuh.

"Gangguan hormon pada perempuan sangat terkait dengan gangguan haid dan kesuburan," kata Dr.dr.R Muharam Natadisastra Sp.OG, dalam acara temu media di Jakarta (12/6/2023).

Ia menjelaskan, gangguan hormon reproduksi akan menyebabkan produksi sel telur atau sel telur tidak bisa matang, sehingga mengganggu siklus haid yang akhirnya menyebabkan susah hamil.

Berbagai gangguan hormon yang biasanya dialami wanita antara lain PCOS (sindrom polikistik ovarium), hipotiroid, produksi hormon prolaktin yang tinggi, hingga endometriosis (timbul jaringan di luar rahim).

"Selain gangguan haid, gangguan hormon juga mengganggu perkembangan seksual, gangguan kesehatan tulang, gangguan mood dan emosi, serta menopause dini," papar dokter dari RS Pondok Indah Jakarta ini.

Baca Juga: Maling Lari Telanjang Bulat, Aksi Bejat Gagal Dilakoni Setelah Korban Lakukan Ini, Begini Kronologinya