Find Us On Social Media :

Apa Itu Seks Tidur? Dan Bagaimana Cara Mengatasi Sexsomnia?

By Grid.,Helna Estalansa, Minggu, 27 Agustus 2023 | 11:15 WIB

Ilustrasi hubungan intim

GridPop.ID - Ada banyak hal yang bisa digali ketika membahas soal hubungan intim.

Seperti misalnya gangguan perilaku seksual berikut ini.

Dalam artikel ini akan membahas soal sexsomnia.

Sexsomnia merupakan gangguan tidur di mana seseorang secara tidak sadar melakukan perilaku seksual saat mereka sedang tidur.

Perilaku seksual yang dimaksud bisa meliputi masturbasi, erangan, dan orgasme tanpa disadari oleh orang yang mengalaminya.

Namun apa yang menjadi penyebab gangguan tidur ini memang masih misteri.

Meski begitu Dr. Rexford Muza, seorang dokter yang fokus dengan permasalah tidur di Guy's and St Thomas Hospital di Inggris dalam studinya sebagaian besar sexsomnia dipicu oleh pasangan yang berpindah tempat tidur yang kemudian membangkitkan gairah parsial di otak.

Tetapi apapun yang bisa mengganggu tidur seperti mendekur, kebisingan eksternal atau perubahan suhu mendadak disebut juga bisa menjadi pemicunya.

Selain itu juga dalam satu studi tahun 2023 yang dipublikasikan dalam jurnal Military Medicine menemukan situasi stres dapat meningkatkan risiko untuk terkena parasomnia non-REM.

Sebagai informasi sexsomnia termasuk dalam parasomnia, kelompok gangguan yang meliputi tidur sambil berjalan, mengigau, dan night terror.

Libido yang tinggi bukanlah pemicu sexsomnia dan tidak korelasi antara dorongan seksual yang tidak terpuas dengan gangguan tersebut.

Baca Juga: Dikawal Ketat Security Saat Hubungan Intim, Komedian Ini Bayar Rp 300 Ribu Agar Bisa Berduaan dengan Suami di Penjara