Find Us On Social Media :

20 Quotes Tentang Hari Radio Nasional 2023: Radio Bukan Hanya Suara, tapi Penghubung Jiwa

By Ekawati Tyas, Senin, 11 September 2023 | 07:45 WIB

Ilustrasi Radio

GridPop.ID - Hari Radio Nasional diperingati setiap tanggal 11 September.

Berikut sederet quotes Hari Radio Nasional 2023.

Tapi sebelum itu, ketahui sejarah Hari Radio Nasional.

Sejarah Hari Radio Nasional

Melansir dari situs Komisi Penyiaran Indonesia (KPI), Hari Radio Nasional mengambil tanggal 11 September karena bertepatan dengan hari kelahiran Radio Republik Indonesia (RRI) yang didirikan pada 11 September 1945.

Awal mula berdirinya RRI yaitu saat siaran radio Hoso Kyoku dihentikan tanggal 19 Agustus 1945.

Masyarakat terkena dampaknya, yaitu tak mengetahui informasi apa-apa pasca Indonesia merdeka.

Apa lagi saat itu beredar kabar dari radio-radio luar negeri bahwa tentara Inggris ingin menguasai Jawa dan Sumatera.

Hingga Pada 11 September 1945 delegasi radio sudah berkumpul di bekas gedung Raad Van Indje Pejambon dan diterima sekretaris negara. Delegasi radio yang saat itu mengikuti pertemuan adalah Abdulrahman Saleh, Adang Kadarusman, Soehardi, Soetarji Hardjolukita, Soemarmadi, Sudomomarto, Harto dan Maladi.

Abdulrahman Saleh yang menjadi ketua delegasi menyampaikan bahwa mereka sepakat meminta pemerintah untuk mendirikan radio sebagai alat komunikasi antara pemerintah dengan rakyat.

Saat akhir pertemuan Abdulrachman Saleh membuat simpulan antara lain, dibentuknya Persatuan Radio Republik Indonesia yang akan meneruskan penyiaran dari 8 stasiun di Jawa, mempersembahkan RRI kepada Presiden dan Pemerintah RI sebagai alat komunikasi dengan rakyat, serta mengimbau supaya semua hubungan antara pemerintah dan RRI disalurkan melalui Abdulrachman Saleh.

Baca Juga: Biodata Artis Fifi Karamoy, Istri Vincent Rompies yang Jarang Terekspos Media, Ternyata Sukses Berkarier di Dunia Radio