Find Us On Social Media :

2 Kali Batal Dipinang Megawati, Mahfud MD Siap Dampingi Ganjar Pranowo di Pemilu 2024

By Andriana Oky, Kamis, 19 Oktober 2023 | 06:15 WIB

Mahfud MD berpidato usai resmi diumumkan menjadi cawapres Ganjar Pranowo pada Rabu (18/10/2023) di Kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat.

GridPop.ID - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD resmi diumumkan sebagai bakal calon wakil presiden (cawapres) pendamping bakal calon presiden (capres) PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo.

Nama Mahfud dideklarasikan langsung oleh Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri, Rabu (18/10/2023).

Ternyata Mahfud MD pernah dua kali gagal dipinang Megawati dalam kontestasi publik.

Mengutip Tribunnews.com, peminangan pertama terjadi dalam pesta pemilu Pilpres 2014, dan peminangan kedua dalam pilpres 2019.

Kala itu Mahfud MD juga digadang-gadang menjadi salah satu calon kuat mendampingi Jokowi.

Pada peminangan pertama Nama Mahfud MD bertengger di jajaran tiga nama terkuat cawapres mendampingi Jokowi di Pilpres 2014 kala itu.

Mahfud bersanding dengan dua kandidat lainnya, yakni mantan Ketua Umum Golkar, Jusuf Kalla (JK), dan mantan KSAD Jenderal (Purn) TNI Ryamizard Ryacudu.

Berdasarkan kontemplasi Megawati dan ketua umum partai pengusung, JK akhirnya sah dipilih menjadi cawapres mendampingi Jokowi.

Lalu pada Pilpres 2019, nama Mahfud MD kalah dengan KH Maruf Amin.

Baca Juga: Isu Gerakan Bawah Tanah Ferdy Sambo Tak Terbukti, Mahfud MD Sebut Ada Kemungkinan di Tingkat Banding: Sering Terjadi

Presiden Joko Widodo mengumumkan secara langsung KH Ma'ruf Amin sebagai cawapresnya dalam Pilpres 2019.

"Saya memutuskan dan telah mendapatkan persetujuan dari partai Koalisi Indonesia Kerja, ‎bahwa yang akan mendampingi saya sebagai cawapres adalah Profesor Ma'ruf Amin," ujar Jokowi.