Find Us On Social Media :

Meski Sudah Pakai Kondom, Penularan Cacar Monyet Ternyata Masih Bisa Terjadi saat Hubungan Intim

By Grid.,Helna Estalansa, Selasa, 24 Oktober 2023 | 20:15 WIB

Cacar monyet

GridPop.ID - Cacar monyet, sebuah penyakit menular yang disebabkan oleh virus herpes B, merupakan ancaman serius bagi mereka yang berisiko terpapar.

Meskipun penggunaan kondom saat melakukan hubungan intim telah lama dianggap sebagai salah satu cara untuk mencegah penularan penyakit menular seksual, seperti cacar monyet, namun ada beberapa fakta yang perlu diketahui.

Dalam artikel ini, kita akan membahas mengenai kemungkinan penularan cacar monyet meskipun menggunakan kondom saat hubungan intim.

Kondom adalah alat kontrasepsi atau pengendali kehamilan yang juga bermanfaat dalam mencegah penyakit, seperti infeksi menular seksual (IMS).

Meski demikian, kondom ternyata kurang efektif dalam mencegah penyakit cacar monyet atau monkeypox.

Untuk mengetahui alasannya, simak penjelasan berikut.

Cacar monyet dapat menular meski pakai kondom saat berhubungan seksual Dokter spesialis penyakit dalam dr. Robert Sinto, SpPD, KPTI menjelaskan bahwa aktivitas seksual berperan dalam transmisi atau penyebaran cacar monyet.

“Dalam satu tahun terakhir dari 2022-2023, mode transmisi kontak erat melalui hubungan seksual ini yang menjadi faktor, yang sering dihubungkan dengan kasus cacar monyet satu tahun belakangan ini,” ucap Robert dikutip dari Antara, Kamis (19/10/23).

Robert kemudian menjelaskan bahwa cacar monyet masih dapat menular meski pakai kondom saat berhubungan seksual.

Menurutnya, kondom tidak dapat menutupi seluruh bagian permukaan tubuh selama berhubungan seks sehingga tidak dapat mencegah cacar monyet.

Kemudian, penularan cacar monyet bukan hanya karena cairan penis dan vagina yang keluar saar berhubungan seksual.

Kontak fisik apa pun dengan penderita cacar monyet, seperti berpelukan, ciuman, dan bergandengan tangan dapat menjadi penyebabran monkeypox.